Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Kumpul Developer Google I/O Digelar 14 Mei 2024, Ada Android Baru?

Kompas.com - 15/03/2024, 14:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ajang kumpul-kumpul pengembang (developer) tahunan, Google I/O, dipastikan akan kembali hadir tahun ini.

Google mengumumkan bahwa Google I/O 2024 akan diselenggarakan pada Selasa, 14 Mei sekitar pukul 10.00 Waktu Standar Pasifik atau Rabu dini hari pukul 00.00 WIB.

Sama seperti tahun lalu, Google I/O akan dibuka oleh sesi presentasi pembuka (keynote) yang akan dipandu oleh CEO Google Sundar Pichai. Sesi keynote akan dilaksanakan di Shoreline Amphitheater di Mountain View, California dengan penonton terbatas, sekaligus disiarkan secara virtual.

Keynote Google I/O juga biasanya disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube Google, sehingga peminat bisa menonton secara langsung tanpa perlu mendaftar.

Baca juga: Google Play Store Bisa Download Dua Aplikasi Android Bersamaan

Bocoran produk yang akan diungkap di Google I/O 2024

Dalam ajang ini, Google biasanya memamerkan sejumlah produk baru, meliputi software, hardware hingga layanan Google lainnya.

Tahun lalu, Google I/O menjadi ajang pengenalan untuk Pixel 7a, fitur-fitur baru Android 14, Chromebook, dan produk Google Nest.

Tahun 2024 ini, rumor menyebutkan bahwa panggung Google I/O akan menjadi panggung debut Pixel 8a, bahkan tak menutup kemungkinan teaser untuk perangkat Pixel Fold 2 dan Pixel 9.

Selain hardware, Google I/O 2024 kemungkinan akan fokus pada AI, apalagi sekarang Google merilis model AI andalan barunya, Gemini, dan versi lebih kecilnya, Gemma.

Google juga kemungkinan besar mengungkap fitur-fitur baru di Android 15, dan pembaruan untuk layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Foto, dan banyak lagi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: Google Jual Robot Android, Baru Rilis Langsung Sold Out

Arti nama Google I/O

Ilustrasi Google I/OGoogle Ilustrasi Google I/O
Google I/O merupakan acara tahunan yang sudah rutin digelar Google selama 16 tahun terakhir. 

Dalam artikel berjudul “The meaning of I/O: How Google’s annual event got its name”, Google menjelaskan bahwa huruf “I” dan “O” yang terdapat di belakang nama acara bukanlah diartikan sebagai huruf abjad, melainkan angka.

Nama I/O didasarkan pada angka numerik googol. Googol adalah istilah untuk menyebut angka besar yang diawali angka 1 sebagai digit pertama dan diikuti oleh seratus nol di belakangnya.

Seperti ini gambarannya 10.000.000,….,000. Jadi, di antara angka 1 dan 0 yang paling terakhir terdapat seratus angka 0. Ringkasnya, huruf “I” dan “O” pada Google I/O merujuk pada angka 1 dan 0.

Gambaran istilah googol pada Google I/OGoogle Gambaran istilah googol pada Google I/O
“Istilah ini adalah angka 1 yang diikuti 100 angka 0 (nol). Jadi, dari situlah nama dan logo I/O berasal. Kami hanya mengambil digit pertama dan nol, dan meninggalkan angka nol lainnya,” ujar Director of Events and Experiences Operations and Original I/O Event Organizer, Lorin Platto.

“Setelah kami melakukan brainstorming, kami mulai membahas mengenai arti dan slogan dari angka 1 dan nol. Yang mana, hal tersebut melahirkan slogan 'input/output' dan 'inovasi yang dilakukan di tempat terbuka',” tambah Lorin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com