Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Umumkan Swift 14 AI, Laptop Copilot PC Plus Perdana

Kompas.com - 04/06/2024, 19:09 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pameran teknologi Computex 2024 yang digelar di Taipei, Taiwan pekan ini dimanfaatkan pabrikan komputer Acer untuk memperkenalkan laptop Copilot Plus PC pertama mereka, yaitu Swift 14 AI

Copilot Plus PC adalah standar performa laptop terbaru dari Microsoft, di mana laptop dengan label ini dijamin akan memiliki kemampuan dan performa pemrosesan kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni. 

Supaya bisa masuk ke dalam kategori ini, sebuah laptop harus mampu menjalankan kinerja AI sebanyak 40 triliun operasi per detik (TOPS). 

Acer Swift 14 AI yang telah menggunakan chip ARM Qualcomm Snapdragon X Elite, performa AI yang bisa dijalankan diklaim menyentuh angka 45 TOPS, 5 TOPS lebih tinggi dari batas yang ditentukan Microsoft.

Baca juga: Microsoft Umumkan Copilot+ PC, Standar Baru Laptop Windows AI

Selain dijamin tangguh untuk kinerja AI, laptop perdana Copilot Plus PC dari Acer ini juga bisa menyulap chatbot AI Microsoft, Copilot Plus sebagai asisten digital pengguna.

Lalu, fitur AI Microsoft ini, yang diwakili dengan tombol "Copilot" di keyboard, juga bisa membantu pengguna memanfaatkan beragam fitur AI lainnya yang ada di dalam laptop.

Beberapa di antaranya seperti Live Captions, Recall, Cocreator, PurifiedView, PurifiedVoice, Windows Hello, fitur merangkum teks, dan lain sebagainya.

Acer Swift 14 AI Copilot PC Plus ketika dibentangkan 180 derajat.Acer Acer Swift 14 AI Copilot PC Plus ketika dibentangkan 180 derajat.

Beralih ke aspek spesifikasi, Acer Swift 14 AI, seperti disebutkan di atas, ditenagai dengan chip Qualcomm Snapdragon X Elite. 

Chip ini memiliki prosesor (CPU) berjumlah 12 unit dengan kecepatan clock hingga 4,3 GHz, serta pengolah grafis (GPU) Adreno yang diklaim memiliki performa hingga 3,8 TFLOPS.

Beragam komponen inti yang ada di Snapdragon X Elite dikombinasikan dengan dukungan RAM LPDDR5X hingga 32 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD PCIe Gen 4 hingga 1 TB.

Pada aspek daya, Acer Swift 14 AI ditopang dengan baterai berkapasitas 75 Whrs. Acer mengeklaim baterai ini mampu mendukung kegiatan menonton video hingga 26 jam dalam sekali pengisian baterai.

Baca juga: Acer Predator Helios Neo 16 Resmi di Indonesia, Pakai Prosesor Intel Core HX Gen 14

Untuk kelengkapan konektor, laptop ini mempunyai dua buah konektor USB-C, dua buah konektor USB-A, serta audio jack 3.5 mm. Pada aspek konektivitas, laptop ini mendukung WiFi 7 dan Bluetooth 5.4.  

Fitur pendukung lainnya yang ada di Swift 14 AI mencakup beberapa fitur keamanan, seperti sensor pemindai sidik jari (fingerprint), face unlock berbasis Windows Hello, shutter privacy untuk webcam, dan masih banyak lagi.

Acer Swift 14 AI Copilot PC Plus dilihat dari sisi kanan.Acer Acer Swift 14 AI Copilot PC Plus dilihat dari sisi kanan.

Secara desain, Acer Swift 14 AI dibekali dengan layar 14,5 inci dengan resolusi 2,5K, refresh rate 120 Hz, rasio aspek 16:10, dan opsi layar sentuh (touchscreen).

Di bagian atas layar, terdapat kamera alias webcam 1440p yang sudah dibekali dengan sensor inframerah (IR) dan modul Privacy Shutter.

Masih soal tampilan, perangkat ini memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi 322,5 x 226 x 17,95 mm, serta bobot mencapai 1,36 kg. 

Laptop Copilot Plus PC perdana Acer ini akan tersedia di pasar global mulai Juni ini dengan harga mulai dari 1.099 dollar AS atau sekitar Rp 17,8 juta. 

Belum ada informasi apakah laptop ini akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak. KompasTekno sudah menghubungi pihak Acer Indonesia untuk mencari tahu apakah perangkat ini akan dipasarkan di Tanah Air atau tidak. 

Namun hingga berita ini ditulis, pihak Acer Indonesia belum memberikan jawaban atau pernyataan resmi. Kita nantikan saja. 

Baca juga: Acer Predator Helios Neo 16 Resmi di Indonesia, Pakai Prosesor Intel Core HX Gen 14

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com