Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian Kominfo: Situs Elaelo Pengganti X/Twitter Bukan Buatan Pemerintah

Kompas.com - 19/06/2024, 10:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, media sosial khususnya X Twitter, ramai membicarakan munculnya situs bernama Elaelo dengan alamat URL elaelo.id.

Situs itu diduga merupakan platform pengganti X (dulu Twitter) yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Namun, hal tersebut dibantah oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

"Situs Elaelo bukan buatan pemerintah atau Kominfo," kata Usman lewat pesan singkat ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (19/6/2024).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan juga memberikan tanggapan senada.

Baca juga: Kementerian Kominfo Ancam Blokir X Twitter

Kepada KompasTekno, pria yang akrab disapa Semmy itu membagikan tautan resmi Kominfo (kominfo.go.id) yang berisi bantahan mengenai situs Elaelo yang disebut buatan Kominfo.

"Beredar sebuah unggahan foto di platform Twitter atau X dengan klaim situs Elaelo yang disebut-sebut sebagai pengganti Twitter atau X di Indonesia merupakan buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah tidak benar" begitu kutipan dari situs resmi Kominfo.

Disebut pengganti X/Twitter

Berdasarkan penelusuran KompasTekno di perpustakaan digital non-profit Internet Archieve, alamat URL elaelo.id terindeks sejak 5 Maret 2024. Namun, baru mulai ramai di media sosial pada tanggal 16 Juni.

Banyak warganet yang membagikan tangkapan layar Elaelo yang mirip dengan tampilan login X. Hanya saja, sisi kiri gambar dipenuhi foto sosok bertopeng dengan background hitam.

Tangkapan layar tampilan awal web elaelo.id saat masih menyerupai kolom login X/Twitter.X/@ AdityaDees Tangkapan layar tampilan awal web elaelo.id saat masih menyerupai kolom login X/Twitter.

Sementara di sisi kanan, yakni pada bagian login, terdapat logo Garuda Pancasila di bagian atas, serta tulisan "Welcome to elaelo-Medsos Lokal Pengganti X/Twitter".

Sesaat setelah ramai diperbincangkan, situs itu sempat tidak bisa diakses. Namun, URL elaelo.id kembali bisa diakses hingga berita ini ditulis. Kendati demikian, tampilan Elaelo berubah.

Tidak ada lagi kolom login sebagaimana sebelumnya, hanya logo Garuda Pancasila di tengah layar dengan jam digital untuk hitung mundur.

Di bawahnya, terdapat tulisan "Ela Elo is coming, big features will be ready -Iron Dome #Hmei" (Ela Elo segera hadir, fitur-fitur unggulan akan siap).

Di bagian paling bawah, terdapat keterangan "under construction by Kominfo" (sedang dalam pengembangan oleh Kominfo).

Tangkapan layar dari tampilan terbaru situs web elaelo.id yang menyematkan keterangan under construction by Kominfo di bagian paling bawah.elaelo.id Tangkapan layar dari tampilan terbaru situs web elaelo.id yang menyematkan keterangan under construction by Kominfo di bagian paling bawah.

Keterangan ini lah yang menguatkan spekulasi bahwa situs elaelo.id dibuat oleh pemerintah. Selain itu, saat membuka laman ini, terdapat lagu wajib nasional "Garuda Pancasila" yang menjadi latar suara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com