Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoyoverse Rilis "Zenless Zone Zero", Game "Hack and Slash" Mirip Genshin

Kompas.com - 04/07/2024, 09:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Esports.gg

KOMPAS.com - Developer sekaligus publisher game asal China, Hoyoverse, meluncurkan game terbarunya, Zenless Zone Zero (ZZZ), Kamis (4/7/2024).

Zenless Zone Zero (ZZZ) bisa diunduh gratis di platform PC (lewat situs resmi ZZZ atau Epic Games), konsol PlayStation 5 (PS5), iOS, dan Android.

Zenless Zone Zero merupakan permainan Action Role Playing Game (ARPG) dengan mekanisme gameplay hack and slash. Artinya, pengguna akan banyak menggunakan senjata jarak dekat (hack/slash) untuk melakukan kombo dan menumpaskan musuh yang menghadang.

Game gratis ini mengambil tempat di perkotaan modern bernama New Eridu, yang hancur oleh bencana yang dikenal sebagai Hollow. Bencana ini mengakibatkan banyaknya monster bernama Ethereal muncul di Hollow.

ZZZ mengajak pemain untuk berperan sebagai Proxy, yakni seorang profesional yang ahli dalam memandu orang menjelajahi labirin Hollow. Ada dua karakter yang bisa dipilih pengguna, yaitu pria bernama Wise dan saudara perempuannya bernama Belle.

Baca juga: Epic Games Gratiskan Game Eksplorasi Luar Angkasa Sunless Skies: Sovereign Edition

Gameplay Zenless Zone ZeroKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Gameplay Zenless Zone Zero

Namun, pada saat pertempuran pengguna akan memakai karakter lain, yang mencakup Billy, Anton, Grace, Anby, Nekomata, Corin, Soldier 11, Hoshimi Miyabi, Soukaku, Ellen, Nicole, Lycaon, Ben, Koleda, Rina, Zhu Yuan, dan lain-lain.

Setiap karakter memiliki kelas (Specialty) dan elemen (Anomaly) yang berbeda.

Kelas yang dimaksud dibagi menjadi Attack, Anomaly, Stun, Support, dan Defense. Karakter dengan kelas Attack tentunya lebih cocok digunakan untuk menyerang, sedangkan kelas Defense cocok digunakan untuk bertahan.

Elemen setiap karakter juga bermacam-macam, yakni petir (Electric), api (Fire), fisik (Physical), es (Ice), dan Ether. Setiap elemen ini bakal membawa pengurangan status (debuff) yang berbeda, misalnya elemen es bisa membuat musuh beku.

Karakter di Zenless Zone Zero memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Billy menggunakan dua pistolnya untuk melakukan serangan jauh dengan elemen Physical, di sisi lain Anby menggunakan pedangnya yang bisa menghasilkan damage Electric.

Link download Zenless Zone Zero

Pengguna yang ingin download Zenless Zone Zero bisa mengeklik tautan (hyperlink) di bawah ini, sesuai dengan platform tempat pengguna bermain.

Ukuran download Zenless Zone Zero di PC adalah 56,7 GB. Game tersebut akan di-unpack dan membutuhkan memori penyimpanan (storage) sebesar 110,30 GB. Sebagai perbandingan, Genshin Impact sendiri berukuran sekitar 30 GB di PC.

Di sisi lain, ukuran download ZZZ di PS5 adalah 49 GB, sedangkan ukurannya di platform mobile (iOS/Android) adalah 17 GB.

Seperti Genshin Impact dan Honkai Star Rail, Zenless Zone Zero merupakan game live service. Artinya, game ini bakal mendapatkan pembaruan (update) secara terus menerus, baik update cerita, karakter, event, maupun mode.

Dengan begitu, pengguna juga harus menyiapkan ruang penyimpanan lebih besar untuk menampung deretan update yang akan datang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com