Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capcom Umumkan Game "Resident Evil 9", Digarap Sutradara Kawakan

Kompas.com - 04/07/2024, 17:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Developer sekaligus publisher game asal Jepang, Capcom, mengumumkan game terbaru dari seri Resident Evil. Game ini diumumkan di live stream pameran game Capcom Next Summer 2024, yang dihelat hari Selasa (2/7/2024) pagi WIB.

Berbeda dari game pembuatan ulang (remake) seperti Resident Evil 4 Remake, permainan ini akan menjadi judul terbaru dan suksesor dari Resident Evil 7 Biohazard dan Resident Evil Village (RE 8). Jadi, besar kemungkinan game ini berjudul Resident Evil 9.

Pengembangan Resident Evil terbaru ini akan dipimpin oleh Nakanishi Koshi. Nakanishi sendiri adalah sutradara game kawakan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari satu dekade dalam penggarapan Resident Evil.

Ia sebelumnya menjadi direktur Resident Evil Mercenaries 3D untuk konsol genggam (handheld) Nintendo 3DS, Resident Evil Revelations, dan Resident Evil 7: Biohazard. Nakanishi juga merupakan desainer untuk game Resident Evil 5.

Sebagai perbandingan, pengembangan Resident Evil 4 Remake yang diluncurkan tahun lalu dipimpin oleh Anpo Yasuhiro dan Kadoi Kazunori. Sementara itu, Resident Evil Village digarap oleh Sato Morimasa.

Baca juga: 100 Game Terlaris di Steam Deck, Elden Ring Nomor 1

"Kami sedang mengembangkan game Resident Evil baru," kata Nakanishi dalam live stream Capcom Next Summer 2024.

"Sangat sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan setelah (Resident Evil 7), tetapi saya menemukannya, dan sejujurnya ini terasa penting. Saya belum bisa membagikan detail apa pun, tapi saya harap Anda bersemangat saat saya siap membagikannya," imbuhnya.

Baik judul resmi, logo, alur cerita, gameplay, visual, tanggal rilis, maupun platform yang kebagian Resident Evil 9 belum dipastikan, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Kamis (4/7/2024).

Jika merujuk pada Resident Evil 4 Remake, game tersebut dirilis di platform komputer (PC), PlayStation 5 (PS5), PlayStation 4 (PS4), dan Xbox Series X/S. Beberapa bulan kemudian, game ini juga diboyong ke platform iPhone, iPad, dan Mac.

Untuk visual, Capcom bisa jadi menggunakan mesin pengembang (game engine) RE Engine. Hal ini berkaca dari sejumlah game terbaru mereka yang menggunakan RE Engine, seperti Street Fighter 6, Resident Evil 4 Remake, Dragon's Dogma 2, dan Monster Hunter Wilds.

Soal alur cerita, seharusnya Resident Evil 9 masih mengambil tema zombi seperti sejumlah game sebelumnya. Di sektor gameplay, besar kemungkinan permainan ini masih mengambil genre tembak-menembak (shooter).

Hanya saja, tidak diketahui apakah game teranyar tersebut akan mengambil sudut pandang orang pertama (first person) seperti Resident Evil 7: Biohazard, atau sudut pandang orang ketiga (third person) layaknya Resident Evil 4 Remake.

Baca juga: Game Zenless Zone Zero Sudah Bisa Di-download, Simak Spesifikasinya

Umumkan game Dead Rising baru

Bicara soal zombi, Capcom juga mengumumkan game Dead Rising Deluxe Remaster pada live stream tersebut. Game ini memiliki tema zombi seperti Resident Evil, tetapi dengan fokus pada aspek komedi.

Dead Rising Deluxe Remaster adalah pembuatan ulang (remaster) dari game Dead Rising keluaran 2006. Versi remaster ini bakal menghadirkan visual beresolusi HD yang lebih ciamik, dubbing suara baru untuk tokoh utama Frank West, dan lain-lain.

Capcom pun merilis demo untuk game aksi strategi bikinannya, Kunitsu-Gami: Path of the Goddess, dan meluncurkan ulang permainan Resident Evil 7: Biohazard di perangkat seluler dan komputer Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com