Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Matikan Sejumlah Aplikasi Buatannya Sendiri

Kompas.com - 13/07/2015, 11:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com – Seiring dengan evaluasi dan pergeseran fokus bisnisnya, Microsoft pun akan mematikan sejumlah aplikasi buatannya sendiri. Aplikasi yang sudah dimatikan itu tidak akan mendapatkan pembaruan atau support apapun dari para developer.

Sebagian besar yang akan dimatikan adalah aplikasi MSN Travel dan MSN Food & Drink untuk Windows, iOS dan Android. Kedua aplikasi tersebut akan nonaktif mulai 28 September mendatang.

Kemudian MSN Health & Fitness, yang selama ini berisi panduan olahraga dan hidup sehat, juga akan segera dimatikan. Rencananya aplikasi yang ada di Windows, Android maupun iOS akan nonaktif pada 1 November 2015.

“Kami rutin mengevaluasi bisnis untuk memastikan pekerjaan kami tetap fokus pada area yang dibutuhkan oleh pengguna,” ujar Microsoft seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (11/7/2015).

Sementara itu, aplikasi MSN News, Weather, Sports  dan Money selamat dari rencana itu. Aplikasi tersebut kemungkinan akan hadir lagi sebagai fitur pelengkap Windows 10.

“Kami akan melanjutkan dukungan untuk aplikasi yang banyak dipakai orang, termasuk News, Weather, Sports dan Moneny. Aplikasi yang kami maksud akan hadir dalam Windows 10 dan tetap dapat dipakai cross-platform,” imbuh keterangan tersebut.

Aplikasi yang dimatikan bukan cuma dari bundel MSN saja. Raksasa software Amerika Serikat itu sudah mengumumkan akan menghentikan dukungan terhadap aplikasi Photosynth di Windows dan iOS.

Photosynth akan nonaktif dalam waktu dekat, tak akan mendapat dukungan developer aplikasi serta dihapus dari toko aplikasi. Pengguna yang sudah lama memakai Photosynth bisa tetap menyimpan aplikasinya, tapi selanjutnya mereka benar-benar sendirian tanpa mendapat pengembangan atau perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com