Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Banyak Orang Tua Jadikan iPhone "Mainan Tutup Mulut"

Kompas.com - 25/05/2012, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, anak-anak semakin lama menghabiskan waktunya ketika bermain game di perangkat mobile. Perangkat ini termasuk di antaranya smartphone, tablet, dan beragam konsol game genggam.

Waktu yang dipergunakan untuk bermain di perangkat ini berkisar hingga lima hari seminggu dan satu jam dalam seharinya.

Ini terungkap dari survei yang dilakukan grup NPD yang bertajuk "Kids and Apps: A New Era of Play".
 
Survei tersebut juga menyimpulkan setidaknya terdapat 12 apps dalam perangkat mobile yang digunakan anak dan 88 persen di antaranya didapatkan dengan gratis.

Dari 12 apps yang ada di perangkat mobile, sekitar 6 apps di antaranya adalah game. Perbedaan gender anak juga memengaruhi penggunaan game dalam perangkat, yaitu 87 persen untuk anak lelaki dan 80 persen untuk anak perempuan.
 
Bila dibagi lagi berdasarkan jenis transaksinya, kebanyakan apps yang di-download anak adalah gratis. Namun, apps game berbayar menempati sekitar 35 persen dari total apps tersebut.
 
Survei lain yang dilaksanakan Common Sense Media pada 1.384 orang tua menunjukkan hasil yang sama. Sekitar setengah dari populasi anak berumur di bawah 8 tahun memiliki akses pada perangkat mobile.
 
"Makin banyak orang tua yang memberikan perangkat iPhone miliknya kepada anak berumur 1,5 tahun sebagai 'mainan tutup mulut'. Ditambah lagi perilaku orang tua yang setiap saat memeriksa perangkat mobile menjadi role model untuk diikuti anaknya," ungkap James Steyer, CEO dari Common Sense Media.
 
Perilaku anak ini semakin menyulitkan orang tua untuk mengawasi waktu penggunaan perangkat atau screen time anaknya. Bahkan, semakin sering ditemui anak yang membawa perangkat mobile untuk menggunakan apps ke atas meja makan dan ketika bersekolah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com