Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Lelang Kanal Ketiga 3G Naik Jadi Rp 200 Miliar

Kompas.com - 11/06/2012, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan melelang kanal ketiga 3G di blok 11 dan 12 mulai akhir Juni 2012. Namun, biaya lelang untuk kanal tersebut sudah naik menjadi Rp 200 miliar.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menjelaskan bahwa kenaikan itu sudah didasarkan dengan faktor kekinian.

"Biaya lelang kanal ketiga 3G di blok 11 dan 12 akan menjadi Rp 200 miliar," kata Tifatul selepas acara Rapat Koordinasi Nasional Kemkominfo di Hotel Sahid Jakarta, pada Senin (11/6/2012).

Lebih lanjut Tifatul menjelaskan harga lelang kanal 3G sebelumnya sekitar Rp 160-175 miliar.  Harga tersebut belum termasuk biaya perolehan (up front fee) dan biaya tahunan (annuel fee) kanal 3G.

Meski harga lelang kanal 3G dipatok cukup mahal dibanding tahun sebelumnya, Tifatul menjelaskan operator tidak akan kesulitan untuk memenuhinya. Hal itu disebabkan keuntungan operator saat ini juga sudah cukup tinggi dibanding sebelumnya.

"Operator tidak akan repot, pendapatan mereka triliunan kok," jelasnya.

Sebelumnya, Dirjen Sumberdaya, Perangkat Pos dan Informatika Kemkominfo Muhammad Budi Setiawan menjelaskan kenaikan harga lelang kanal ketiga 3G ini akan disesuaikan dengan faktor kekinian, seperti suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) dan faktor-faktor pendukung telekomunikasi lainnya.

"Besarannya memang masih dihitung, tapi seharusnya tidak lebih dari 10 persen," tambah Budi.

Untuk lelang kanal ketiga 3G ini, pemerintah bekerjasama dengan Kementerian Keuangan dalam penentuan tarif, mekanisme lelang termasuk pembayaran lelangnya.

Khusus kanal 12, Kominfo juga pernah mewacanakan akan menurunkan tarif lelangnya. Hal itu disebabkan operator pemenang lelang kanal ketiga 3G di kanal 12 masih terdapat gangguan (interferensi) dari operator Smartfren.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com