Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Tongsis” Tak Lagi Sendiri...

Kompas.com - 11/05/2016, 21:24 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com - Selfie menjadi fenomena seiring dengan perkembangan zaman saat ini. Bersamanya, mencuat juga keberadaan alat bantu yang dikenal sebagai tongkat narsis alias tongsis. Menyusul kemudian, berderet  pula inovasi lain demi kemudahan selfie.

Menurut majalah Time, Senin (24/11/2014) tongsis merupakan satu dari 25 penemuan terbaik pada 2014. Penemu tongsis adalah Anindito Respati, orang Indonesia. Temuan pada 2013 ini telah Anindito patenkan menjadi merek dagang.

Namun, tongsis kini tak lagi sendirian menjadi alat bantu andalan untuk selfie. Kehadiran tongkat ini malah menjadi inspirasi kemunculan peranti-peranti lain untuk fungsi serupa.

Sebut saja Gripsnap. Alat ini merupakan monopod magnet yang bisa ditempelkan dipermukaan logam dan akan menahan ponsel kamera saat pengambilan gambar.

Ada pula sisir selfie. Alat ini punya dua sisi, yaitu satu sisi untuk cermin dan sisi lain untuk penempatan ponsel. Dikenal dengan sebutan selfie brush, alat itu dibuat khusus bagi para perempuan yang suka dandan sekaligus selfie sembari bercermin.

INDEPENDEN.IE Acer lansir topi selfie untuk meriahkan pekan mode London 2015
Bahkan, tidak tanggung-tanggung, alat bantu selfie lain juga meramaikan London Fashion Week 2014. Perancang busana Christian Cowan-Sanluis menciptakan sebuah alat bantu baru, yaitu topi selfie. Ponsel untuk selfie akan menggantung di depan wajah pemakai topi ini.

Masih ada  lagi. Satu perusahaan asal Amerika Serikat sampai membuat cermin selfie. Dalam cermin dua arah pada lemari kecil disematkan teknologi yang memungkinkan siapa pun yang bercermin di sana bisa mengambil foto diri.

Namun, kehadiran aneka rupa alat bantu itu tetaplah pada dasarnya hanya untuk membantu kelancaran pengambilan selfie. Kunci utama kesuksesan selfie dengan hasil yang paling maksimal, tetap saja ada pada gadget-nya.

Karena itu, pilihan peranti menjadi krusial. Namun, sekarang mengabadikan ekspresi saat ber-selfie ria sudah sangat cukup dengan berbekal ponsel kamera.

Bila pilihannya tepat, kualitas pun bukan persoalan. Saat ini sudah ada ponsel kamera yang membenamkan resolusi 16 megapiksel di kamera depannya, dengan dukungan sensor 1/3.1 dan bukaan lensa f/2.0.

Lokasi minim cahaya maupun membelakangi sumber cahaya sudah  bisa pula ditangani oleh peranti seukuran genggaman tangan itu. Ada sejumlah fitur yang menjadi “penolong” untuk kondisi-kondisi itu, dalam paket Hi-Light Camera.

KOMPAS.com/Reza Pahlevi Mencoba ponsel Oppo F1 Plus
Memaksimalkan tampilan wajah dalam selfie juga sudah tersedia fitur pendukung tersendiri, yaitu Beautify 4.0. Dengan pengaturan dalam skala 1 sampai 7, wajah Anda akan siap tampil paling cerah di hasil selfie.

Jadi, sudah siap berekspresi?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com