Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kode Cheat "Castlevania" Terpecahkan setelah 25 Tahun, Apa Isinya?

Kompas.com - 25/04/2024, 18:16 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Setiap game buatan perusahaan game asal Jepang, Konami biasanya memiliki sebuah kode rahasia (cheat) yang bisa membuka semua konten yang terkunci secara instan.  

Namun, banyak yang menganggap bahwa game horror klasik keluaran Konami di tahun 1999 untuk konsol Nintendo 64, yaitu Castlevania 64 tidak memilikinya. 

Nah, kini, 25 tahun setelah perilisan Castlevania 64, game itu ternyata benar memiliki kode cheat alias Konami Code.

Hal ini diungkap oleh seorang gamer di YouTube dengan kanal JupiterClimb. Ia dibantu oleh seorang data miner di sebuah server Discord yang membahas serba-serbi Castlevania 64

Menurut JupiterClimb, pengguna bisa memakai Konami Code tersebut untuk membuka tiga karakter ekstra yang bisa dimainkan ketika memulai game, lengkap dengan model baju alias skin karakter tersebut. Ketiga karakter ini adalah Reinhardt, Carrie, dan Henry.

Baca juga: Pembuat Cheat Game Call of Duty Didenda Rp 45 Miliar

Selain karakter, pengguna juga bisa mengakses mode kesulitan tertinggi (Hard Mode) untuk Castlevania 64. Namun, mode ini hanya bisa diakses melalui menu pengaturan "Load Game" saja, bukan "New Game".

Sebelumnya, jika tidak menggunakan kode cheat, karakter ekstra dan mode tersulit ini hanya terbuka dan dinikmati pemain apabila mereka berhasil menamatkan Castlevania 64 dalam jumlah tertentu.

Namun dengan Konami Code, hal tersebut tak perlu dilakukan. Nah, kode cheat untuk mengakses karakter dan mode tersulit di Castlevania 64 adalah sebagai berikut.

Perlu dicatat, kode cheat ini bisa dimasukkan pengguna dengan menekan tombol yang ada di controller Nintendo 64 ketika berada di tampilan awal game (Title Screen).

Baca juga: Konami Raup Rp 2 Miliar dari Hasil Penjualan NFT Game Castlevania

Pastikan pula kode ini dimasukkan dengan menekan tombol di controller secara berurutan.

Konami Code (dapat 3 karakter tambahan dan semua skinnya): 

  • Tombol C-Atas 4x, C-Bawah 4x, C-Kiri 2x, C-Kanan 2x, C-Kiri 2x, C-Kanan 2x, L, R, Z

Selain Konami Code di atas, JupiterClimb juga mengatakan Castlevania 64 disertai dengan sejumlah kode cheat lainnya, yaitu sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Kamis (25/4/2024).

  • Kode cheat untuk dapat 10 buah Roast Chicken, Roast Beef, Purifying, Cure Ampoule, Sun Card, Moon Card (khusus Castlevania 64 versi AS): Tekan tombol L + R + semua tombol arah C + Z
  • Kode cheat untuk dapat 10 buah Roast Chicken, Roast Beef, Purifying, Cure Ampoule, Sun Card, Moon Card (khusus Castlevania 64 versi Eropa dan Jepang): Tekan tombol L + R + DPad-Atas + C-Atas + DPad-Kanan + C-Kanan + Z
  • Kode cheat untuk meningkatkan level PowerUp dan SubWeapon: Tekan tombol L + R + DPad-Bawah + C-Bawah + DPad-Kiri + C-Kiri + Z
  • Kode cheat untuk dapat 99 Jewels: Tekan tombol L + R + semua tombol arah C + Z
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com