Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Versi Android Ini Sudah Tidak Bisa Akses Google Play Store

Kompas.com - 21/06/2017, 14:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Jangan kaget apabila Android lawas Anda sudah tidak bisa mengakses Google Play Store. Google menyatakan telah menghentikan dukungan Google Play Store di beberapa versi Android lawas.

Google mengumumkan berhenti memberikan dukungan untuk toko aplikasi di Android lawas, yakni seri 2.1 "Eclair" ke bawah. Penghentian dukungan dilakukan sejak akhir Juni 2017.

Hal ini berarti, pengguna gadget dengan sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5, 1.6, 2.0, dan 2.1 bakal tidak bisa mengakses atau memasang aplikasi baru dari Google Play Store.

Sementara itu, Android 2.2 "Froyo" masih mendapatkan dukungan untuk Google Play Store tersebut.

Baca: Waspada, Malware Pencuri Informasi Menyusup di Play Store

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (4/7/2017), pemutusan akses itu akan terjadi begitu saja pada 30 Juni 2017 mendatang. Pengguna tak akan mendapat notifikasi apapun mengenai hal itu.

Alasannya, menurut Google, kebanyakan para pengembang saat ini tidak lagi membuat aplikasi yang mendukung sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5 "Cupcake", 1.6 "Donut", 2.0, dan 2.1 "Eclair. Oleh karena itu, perusahaan memutuskan untuk berhenti mendukungnya.

Sementara itu, Google berjanji bahwa perusahaan akan mendukung keberadaan Play Store di sistem operasi Android anyar dalam durasi yang lebih lama.

Penghentian dukungan ini mestinya tidak bakal memberi dampak besar pada pengguna. Pasalnya, perangkat genggam yang mengadopsi sistem operasi tersebut sekarang sudah sedikit yang memakai, selain sebagai koleksi belaka.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com