Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Telkomsel Habiskan 6.000 TB Data di Momen Lebaran 2017

Kompas.com - 27/06/2017, 17:04 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran 2017. Dibandingkan dari hari biasa, trafik data Telkomsel mengalami lonjakan, menembus angka 6.000 TB (Terabyte).

Jumlah tersebut dikutip KompasTekno dari keterangan tertulis Telkomsel, Selasa (27/6/2017), naik sebesar 136 persen dibandingkan dengan momen lebaran tahun 2016.

Sementara jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, peningkatan layanan data mengalami kenaikan lebih dari 27 persen. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36 persen), disusul layanan video streaming (29 persen).

Peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36 persen, sementara wilayah Jawa Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Namun secara nominal,  trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB, disusul dengan area Jawa Bali yang mengonsumsi lebih dari 1.645 TB.

Berbeda dari layanan data yang semakin diminati oleh pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari lebaran, layanan suara dan SMS Telkomsel tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal.

Trafik layanan suara turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran," ujar VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati.

"Kami berharap jaringan kami dapat membantu pelanggan untuk tetap lancar bersilaturahmi," imbuh Dita.

Baca: 8.000 Orang Mudik Bareng Telkomsel lewat Jalur Darat, Laut, dan Udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com