Jutaan Android "Hang" Tiap Hari gara-gara Ucapan Selamat Pagi - Kompas.com

Jutaan Android "Hang" Tiap Hari gara-gara Ucapan Selamat Pagi

Kompas.com - 26/01/2018, 07:07 WIB
Ilustrasi WhatsApp.Ist Ilustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com — Di India ada sekitar 200 juta akun WhatsApp aktif. Para pengguna WhatsApp di negeri tersebut punya kebiasaan unik, yakni mengirim ucapan “selamat pagi” ke kawan-kawannya saban mengawali hari.

Ucapan selamat pagi itu biasanya disertai dengan aneka gambar atau video pendek, kadang juga slogan norak seperti “Selamat pagi bunga mawarku. Wangimu membuat segala kendala hidup bisa ditanggung”.

Meski unik, kebiasaan ini ternyata berdampak buruk buat ponsel-ponsel Android low-end berspesifikasi rendah, yang banyak dipakai warga India pengguna WhatsApp.

Kebanyakan ponsel Android tersebut hanya memiliki memori berkapasitas kecil sehingga kerap hang ketika menerima file foto atau video ucapan selamat pagi dari banyak teman atau kerabat di WhatsApp. File multimedia itu kadang berukuran besar.

Jumlah perangkat yang hang gara-gara memorinya penuh terisi foto atau video ucapan selamat pagi ini pun terbilang banyak.

Baca: Memori Android Kepenuhan? Ini 4 Solusinya

Berdasarkan  survei yang dilakukan Western Digital pada 2016, setiap hari satu dari tiga perangkat Android kehabisan memori dibandingkan satu dari sepuluh perangkat yang mengalami hal serupa di Amerika Serikat.

Apabila disandingkan dengan angka pengguna WhatsApp di India, berarti setiap hari ada puluhan juta perangkat Android yang hang di sana.

Pemburu selamat pagi

Google selaku pemilik Android pun sempat pusing mencari tahu kenapa ada banyak ponsel Android yang hang di India.

Raksasa internet itu lantas coba menyediakan solusi berupa aplikasi bernama Files Go yang diluncurkan di New Delhi Desember 2017 lalu.

Flies Go adalah aplikasi untuk mencari file tak terpakai yang bisa dihapus untuk membebaskan ruang penyimpanan di memori, khususnya aneka file pesan selamat pagi yang menumpuk di ponsel. (Baca juga : Google Station hingga YouTube Go, Program Google untuk Indonesia)

Google bahkan sampai menyertakan teknologi machine learning di Files Go secara khusus untuk memburu file selamat pagi. Kuncinya adalah mencari file dengan format dan ukuran tertentu.

Hingga kini, aplikasi Files Go sudah diunduh sebanyak 10 juta kali, sebagian besar oleh pengguna di India. Google mengatakan Files Go rata-rata berhasil membebaskan ruang penyimpanan sebesar 1 GB per pengguna.

Demam selamat pagi

India boleh dibilang mengalami “demam selamat pagi”. Banyak warga India yang tersambung ke internet untuk pertama kalinya melalui ponsel.

Setiap hari, para internet newbie ini gemar mengirim ucapan selamat pagi lewat WhatsApp ke teman-teman, keluarga, dan orang asing sekalipun.

Para netizen India pun banyak mencari aneka variasi konten ucapan “selamat pagi” di internet, dalam bentuk foto atau video.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Jumat (26/1/2018), Google mencatat bahwa dalam lima tahun terakhir pencarian terkait “gambar selamat pagi” di India meningkat sebanyak 10 kali lipat.

Sementara Pinterest mengalami peningkatan jumlah download gambar selamat pagi sebanyak sembilan kali lipat dalam beberapa tahun terakhir oleh para pengguna di India.

WhatsApp  pun tahun lalu merasa perlu menambah fitur status message khusus agar para pengguna di India bisa mengirim ucapan selamat pagi ke semua kontak mereka secara sekaligus. (Baca: WhatsApp Siapkan Fitur Pantau Memori)

Satu contoh penggemar ucapan “selamat pagi” yang terkenal di India adalah Perdana Menteri Narendra Modi. Tiap bangun pada pukul 05.00  untuk yoga, Modi rutin mengirim ucapan selamat pagi. Tahun lalu dia sempat diberitakan menegur para kolega yang tak membalas ucapannya itu.

Baca juga : 7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android yang Mulai Lelet


PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X