Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Penting di Balik Android dan Ponsel Pixel Mundur Setelah 14 Tahun

Kompas.com - 18/06/2024, 07:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu sosok yang berperan penting dalam pengembangan sistem operasi (OS) ponsel Android, yaitu Dave Burke mundur dari jabatannya sebagai Vice President (VP) Engineering Android.

Hal ini disampaikan Dave melalui akun X Twitter dengan handle @davey_burke. Pengumuman tersebut juga disampaikannya lewat sebuah posting di media sosial profesional LinkedIn

Dalam posting tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada semua rekannya di Google untuk kerja samanya selama lebih dari satu dekade dalam pengembangan OS Android. 

Dave bertanggung jawab sebagai VP Engineering Android sejak Oktober 2014 atau 10 tahun lalu. Namun, sebenarnya ia sudah berada di tim Android, tepatnya sebagai Engineering Director sejak Februari 2007.

Artinya, Dave sudah berkontribusi terhadap OS Android sejak generasi pertamanya meluncur pada November 2007.

"Saya pikir ini waktu yang tepat untuk melakukan perubahan setelah lebih dari 14 tahun memimpin pengembangan OS Android, dan saya hari ini memutuskan untuk melepaskan jabatan tersebut," kata Dave.

Baca juga: Profil Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Jadi Pendiri Android

VP Engineering Android, Dave Burke di ajang Google I/O 2024.DigitalTrends VP Engineering Android, Dave Burke di ajang Google I/O 2024.

Meski tak lagi menjadi VP Engineering Android, Dave masih akan tetap mengawasi pengembangan OS Android sebagai penasihat (advisor).

Ke depannya, ia membuka diri untuk bekerja di bidang kecerdasan buatan (AI) atau teknologi yang berkaitan dengan lingkungan dan medis.

Namun, untuk sementara waktu, ia masih akan tetap "berkeliaran" di induk Google, Alphabet untuk mendiskusikan beragam jabatan yang bisa mewujudkan proyek AI yang diimpikan oleh Dave.

"AI memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam mempercepat pengembangan obat, dengan penerapan yang luas, termasuk pada kanker anak yang sulit diobati, sebuah topik yang ingin saya geluti," ujar Dave.

"Untuk saat ini, saya dan CEO Alphabet Sundar Pichai sedang berdiskusi untuk mengeksplorasi peran-peran yang relevan di Alphabet untuk bidang AI di medis ini," imbuh Dave.

Peran Dave di pengembangan OS Android

VP Engineering Android, Dave Burke di ajang Google I/O 2024.YouTube/Google VP Engineering Android, Dave Burke di ajang Google I/O 2024.

Seperti disebutkan di atas, Dave berperan penting dalam pengembangan OS Android dari generasi pertama. Dave juga merupakan "otak" di balik pembuatan merek ponsel khas Google, seperti Nexus dan Pixel

Selain itu, Dave juga merupakan sosok yang dikenal dalam pengembangan beberapa aplikasi Android, seperti Google Chrome, serta pengembangan OS Android ke perangkat di luar smartphone, seperti Android TV.

Dalam beberapa acara penting, Dave sering muncul untuk memberikan presentasi terkait proyek-proyek baru Android. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com