Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tiru "Material You" Android di iOS 18

Kompas.com - 16/06/2024, 09:06 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan iOS 18 dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia.

Apple menyebut iOS 18 datang dengan segudang fitur baru dan peningkatan. Kendati begitu, sejumlah fitur yang diperkenalkan ternyata sudah ada lebih dulu di Android.

Salah satu fitur yang ditiru Apple dari Android adalah kemampuan kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock Screen.

Untuk pertama kalinya, pengguna iPhone bakalan bisa mengotak-atik tampilan Home Screen sesuka hati. Ikon aplikasi bisa dipindahkan di mana saja di Home Screen.

Selain memindahkan ikon, pengguna iOS 18 juga bisa menentukan palet warna sesuai selera.  

Misalnya, warna yang dipilih adalah kuning. Maka, semua ikon aplikasi di iPhone Anda akan berubah menjadi kuning. Opsi ini bisa digunakan untuk mencocokkan desain atau warna dari wallpaper yang digunakan supaya lebih senada.

Baca juga: 9 Fitur AI di iOS 18, Ada Writing Tools, Image Playground, Genmoji

Fitur inilah yang ditiru Apple dari bahasa desain antarmuka Android milik Google, yakni Material You.

Material You merupakan versi pengembangan terbaru dari bahasa desain Material Design. Sedikit informasi, Material Design sudah diperkenalkan Google sejak perilisan Android 5.0 Lollipop dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

Dengan Material You, pengguna HP Android bisa memilih tema warna tampilan smartphone. Sistem akan menyuguhkan sejumlah opsi color pallete yang bisa digunakan. 

Bisa dengan memadukan warna kuning dan hijau, merah dan biru, merah muda dan putih, cokelat dan biru, dan masih banyak lagi. Dengan memilih salah satu opsi ini, seluruh tampilan, ikon aplikasi, jendela notifikasi akan berubah sesuai dengan warna yang dipilih.

Android 12 memiliki tampilan baru dengan bahasa desain Material YouGoogle Android 12 memiliki tampilan baru dengan bahasa desain Material You

Namun, fitur kustomisasi warna milik Apple dan Google ini punya perbedaan. Seperti yang disebut di atas, pengguna Android hanya dimungkinkan memilih warna yang sudah disajikan oleh Google saja. Tidak dapat memilih warna lain di luar opsi color pallete.

Sementara itu, iOS 18 memungkinkan pengguna menentukan warna sesuka hati, tanpa ada batasan. Jadi, pengguna benar-benar dibebaskan melakukan kustomisasi warna ikon aplikasi di iPhone.

Fitur baru di iOS 18, bisa kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock ScreenMobile Syrup Fitur baru di iOS 18, bisa kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock Screen

Hanya saja, kehadiran fitur kustomisasi Home Screen dan Lock Screen ini bakal menghilangkan ciri khas dari Apple yang kerap mengutamakan desain yang jernih, besih, dan minimalis. 

Selain fitur ini, adapula sejumlah fitur lain yang “dicontek” oleh Apple dari Android. Misalnya, memungkinkan pengguna merekam panggilan suara, menyembunyikan aplikasi, menghapus objek atau foto di gambar langsung di Photos, menghadirkan Game Mode, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Minggu (16/6/2024).

Baca juga: 5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com