Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter "Buramkan" Kicauan dengan Foto atau Video Tertentu

Kompas.com - 05/02/2020, 19:20 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Platform jejaring sosial Twitter berencana untuk menggelontorkan sebuah kebijakan baru guna memerangi peredaran konten hoaks di platformnya.

Berdasarkan informasi di blog dan twit dari akun Twitter Safety (@TwitterSafety), kebijakan ini bakal dituangkan lewat pemberian label pada twit yang berisi foto atau video yang dianggap telah dimanipulasi dan membahayakan pengguna lain.

Nantinya, seperti bisa dilihat di twit di atas, konten yang dianggap palsu oleh Twitter bakal diburamkan dan ditandai dengan label "Manipulated media".

Pengguna lantas bisa mengklik label tersebut untuk mengetahui alasan konten tersebut tidak bisa dilihat.

Apabila twit yang sudah ditandai ini di-retweet atau di-like oleh pengguna, Twitter akan memberikan peringatan bahwa unggahan tersebut memang hoaks sembari menyertakan alasannya.

Untuk menelusuri apakah foto atau video palsu dalam sebuah twit berbahaya, Twitter sendiri mengandalkan fitur Moments, sebuah halaman yang merangkum sejumlah twit tepercaya yang telah dikurasi.

Dari situ, pihak Twitter akan mempertimbangkan apakah twit tersebut tergolong "Manipulated media" yang berbahaya atau bukan.

Adapun twit yang dianggap berbahaya di sini adalah unggahan yang berpotensi bakal merugikan satu pihak atau konten yang disinyalir bakal membahayakan keselamatan pengguna.

Dengan kata lain, twit berisi foto pribadi yang telah diedit atau video guyonan yang dibuat untuk hiburan semata agaknya tidak akan diberi label oleh Twitter, meski masih ada kemungkinan untuk ditandai. 

Baca juga: Akun Resmi Android di Twitter Buka Layanan Konsultasi Masalah OS

Nah, kebijakan penandaan konten hoaks yang digodok Twitter berdasarkan survei ini bakal berlaku mulai 5 Maret mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (5/2/2020).

Kendati demikian, tidak disebutkan apakah kebijakan ini bakal digelontorkan secara merata (global) atau bertahap.

Belum jelas pula apakah Twitter bakal menandai seluruh konten palsu yang sudah diunggah di Twitter (sebelum tanggal 5 Maret) atau justru foto dan video palsu yang diunggah setelah tanggal tersebut.

Baca juga: Hoaks Virus Corona, dari Bisa Menular Lewat HP Xiaomi hingga Bawang Putih untuk Menyembuhkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com