Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Lipat Pertama OnePlus Meluncur Berdekatan dengan Galaxy Z Flip 5?

Kompas.com - 08/06/2023, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - OnePlus dirumorkan bakal meluncurkan ponsel lipat (foldable) perdananya, OnePlus Fold pada bulan Agustus ini di New York, Amerika Serikat.

Sebelumnya, CEO OnePlus, Pete Lau mengonfirmasi bahwa smartphone lipat perusahaan tersebut bakal dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Adapun informasi tanggal rilis dan lokasi ini pertama kali diumbar oleh pembocor gadget Yogesh Brar lewat situs gadget Pricebaba. Brar juga membocorkan bahwa OnePlus Fold akan tersedia di pasar global, termasuk pasar Amerika Serikat dan India.

Baca juga: Ponsel Lipat Motorola Razr 40 Ultra Meluncur, Punya Layar Depan Paling Besar

Bila tanggal rilis di atas akurat, berarti perusahaan ponsel berbasis China itu akan memperkenalkan ponsel lipatnya sekitar satu atau dua minggu setelah Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 diumumkan.

Kedua gadget ini rumornya segera diperlihatkan dalam acara Galaxy Unpacked pada akhir Juli 2023. Pada bulan Agustus pun, Oppo kabarnya akan meluncurkan ponsel lipat seri Oppo Find N3 di China.

Perangkat ini konon bakal dipasarkan di luar pasar China sebagai ponsel OnePlus, sebagaimana dicatat KompasTekno dari GSMArena, Kamis (8/6/2023).

Spesifikasi OnePlus Fold

Menurut bocoran yang beredar, OnePlus Fold memiliki form factor layar lipat secara vertikal (buku), serupa dengan Oppo Find N2.

Untuk urusan layar, OnePlus Fold mengusung layar utama OLED berukuran 8 inci dengan resolusi QHD Plus dan layar sekunder (cover display) berbentang 6,5 inci. Masing-masing layar mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Baca juga: OnePlus Pastikan Jualan Ponsel Lagi di Indonesia

Di sektor fotografi, smartphone lipat ini dibekali kamera selfie 32 MP baik di layar utama maupun sekunder.

Berpindah ke bagian punggung, terdapat kamera 50 MP dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization), kamera ultrawide 48 MP, serta kamera telefoto periskop 32 MP.

Soal jeroan, ponsel baru ini diotaki System-on-Chip (SoC) besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini kemudian dibarengi dengan RAM hingga 16 GB LPDDR5 dan media penyimpanan (storage) UFS 4.0 hingga 512 GB.

Kemudian untuk daya, ponsel lipat pertama OnePlus disokong baterai berkapasitas 4.800 mAh dengan teknologi pengisian cepat via kabel (wired) berdaya 80 Watt.

Sedangkan untuk software, OnePlus Fold dikabarkan bakal memakai sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OxygenOS 13.1.

Perlu dicatat bahwa tanggal rilis, lokasi acara peluncuran, dan spesifikasi ponsel di atas masih bersifat bocoran saja.

Sampai pada penulisan artikel ini, OnePlus belum mengonfirmasi sejumlah informasi yang sudah dipaparkan sebelumnya. Oleh karena itu, mari kita tunggu saja informasi resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com