Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WordPress Kini Punya Asisten AI untuk Bantu Bikin Artikel

Kompas.com - 08/06/2023, 10:40 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) kini menjadi fitur andalan yang kerap diadopsi berbagai macam layanan sejak 2023. Mulai dari perusahaan yang menawarkan produk hingga jasa.

Tidak mau ketinggalan, perusahaan induk WordPress, Automattic baru-baru ini juga meluncurkan fitur terbarunya yang mengandalkan AI. Fitur baru bernama Jetpack AI Assistant yang memungkinkan pengguna memanfaatkan AI untuk menulis blog dan berita.

Fitur tersebut nantinya dapat dengan mudah terintegrasi dengan platform blog sekaligus sistem manajemen konten (CMS) di WordPress. Fitur AI di WordPress ini juga diklaim mudah untuk digunakan.

Baca juga: Pengguna WordPress Segera Update Plugin Ini, Ada Celah Keamanan Berbahaya

Cara menggunakan Jetpack AI Assistant di Wordpress dengan mengeklik ikon + (tambah) dan blok AI Assitant bakal muncul di halaman kerjaAutomattic Cara menggunakan Jetpack AI Assistant di Wordpress dengan mengeklik ikon + (tambah) dan blok AI Assitant bakal muncul di halaman kerja

Pengguna hanya perlu mengeklik ikon “+” (tambah) untuk menghadirkan blok “AI Assistant” ke konten yang sedang dibuat di halaman. Blok tersebut nantinya bisa dipakai untuk menulis perintah berbasis teks pada AI, guna melakukan percakapan.

Ketika blok “AI Assistant" tersebut sudah muncul di halaman, pengguna akan diminta mengajukan pertanyaan, memulai percakapan, atau memberi perintah kepada sistem untuk membuat sesuatu, serupa dengan chatbot AI besutan OpenAI, ChatGPT.

Beberapa perintah yang bisa dilakukan AI di WordPress adalah membuat unggahan blog, daftar, atau tabel, mengecek ejaan dan susunan kalimat yang salah atau terbalik, mengganti nada atau jenis bahasa dari tulisan, menciptakan judul tulisan, menerjemahkan tulisan ke bahasa lain.

Baca juga: Implementasi AI Disebut Bisa Kurangi Beban Kerja Karyawan di Indonesia

Nah, kemampuan mengubah nada atau bahasa tulisan tampak berbeda. Pilihan bahasa yang ditawarkan sistem AI di anak perusahaan Automattic ini lebih beragam ketimbang chatbot Bing Microsoft.

Pilihan gaya bahasa yang ditawarkan terdiri dari bahasa formal, informal, bergaya optimis, humor, bahasa yang serius, skeptis, empati, penuh percaya diri, penuh bergairah, dan provokatif.

Jetpack AI Assistant dapat menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa yang berbeda. Sebaliknya, pengguna juga dapat menerjemahkan tulisan dari bahasa ibu ke bahasa lainAutomattic Jetpack AI Assistant dapat menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa yang berbeda. Sebaliknya, pengguna juga dapat menerjemahkan tulisan dari bahasa ibu ke bahasa lain

Kemampuan lainnya dalam menerjemahkan bahasa juga bisa dijadikan nilai tambah, khususnya para pengusaha yang menjual produk mereka di ecommerce ataupun marketplace. Pebisnis dapat memanfaatkannya untuk mengenalkan produk mereka ke ranah internasional.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (8/6/2023), bahasa terjemahan yang didukung mencakup Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, Portugis, Rusia, Mandarin, Jepang, Arab, Hindi, dan Korea.

Blogger juga dapat membuat tulisan berbahasa Inggris, dan langsung menerjemahkannya ke dalam beberapa bahasa yang berbeda.

Sebaliknya, pengguna juga bisa menggunakan tulisan dari bahasa ibu untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Mengenal Character AI, Chatbot yang Bisa Diajak Pacaran

Automattic mengungkapkan bahwa 20 pengguna terpilih dapat berkesempatan menjajal Jetpack AI Assistant di WordPress secara cuma-cuma dalam satu hari

Sementara itu, pengguna yang tidak kebagian harus merogoh kocek setidaknya 10 dollar AS (Rp 148.950) per bulan untuk menggunakan fitur AI.

Selain WordPress, perusahaan lain, seperti Google, Notion, Grammarly juga sudah memperkenalkan fitur AI serupa yang dapat terintegrasi langsung ke dalam aplikasi.

Kendati begitu, sama seperti fitur AI kebanyakan, teknologi ini tidak akan menggeser manusia, khususnya yang berprofesi sebagai penulis. Kebaruan ini dapat menjadi nilai tambah karena dapat memudahkan dan mempersingkat waktu untuk menulis draf atau mengubah artikel yang sebelumnya sudah ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com