Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Tombol WhatsApp Ini Akan Dirombak?

Kompas.com - 13/06/2023, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan WhatsApp tampaknya sedang melakukan perombakan pada tampilan utamanya. Salah satu yang akan diubah adalah ikon buat pesan baru yang disebut "New Chat".

Di versi Android, ikon ini biasanya terletak di pojok kanan bawah, ketika membuka menu "Chat".

Kabar ini diungkap oleh situs kenamaan yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, WABetaInfo. WABetaInfo menyebut tampilan baru ikon tulis chat muncul pada pembaruan WhatsApp beta untuk Android di versi 2.23.12.3.

Baca juga: Siap-siap, Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Gambar Kualitas HD

WABetaInfo juga membagikan tangkapan layar desain baru tersebut, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Terlihat pada tombol "New Chat" lama (kiri), ikon berbentuk lingkaran hijau yang di dalamnya terdapat terdapat simbol “+” bewarna putih.

WABetaInfo menyebut bahwa WhatsApp bakal merombak tombol ikon New Chat-nya yang baru. Perubahan tombol terseebut terendus di pembaruan WhatsApp beta Android di versi 2.23.12.3WABetaInfo WABetaInfo menyebut bahwa WhatsApp bakal merombak tombol ikon New Chat-nya yang baru. Perubahan tombol terseebut terendus di pembaruan WhatsApp beta Android di versi 2.23.12.3

Sementara untuk logo yang baru, ikon tersebut berubah menjadi persegi dengan sudut membulat di keempat sisinya. Ikon persegi tersebut diisi dengan simbol “+” bewarna hitam.

Walau perubahan yang dilakukan tidak terlalu signifikan, sejumlah pihak berspekulasi bahwa WhatsApp sedang mengadopsi desain Material You secara perlahan. Material You merupakan bahasa desain buatan Google yang diperkenalkan sejak Android 12.

Saat dirilis tahun 2021 lalu, Google menyebut Material You akan memiliki bahasa desain antarmuka/user interface (UI) yang lebih segar dan sederhana.

Bukan cuma menyesuaikan desain Material You. Menurut WABetaInfo, perubahan desain tombol "New Chat" ini juga menjadi upaya WhatsApp menanggapi masukan para penggunanya.

Kendati demikian, tampilan tombol "New Chat" baru ini masih dalam tahap pengembangan. Hal ini mengindikasikan bahwa ikon baru tersebut masih dalam tahap uji coba dan baru akan digulirkan ke pengguna beta terlebih dahulu, Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (13/6/2023),

Rombak tampilan WhatsApp

Sebelum rumor tampilan baru tombol "New Chat", WhatsApp juga dikabarkan akan merombak desain secara besar-besaran, terutama untuk versi Android.

Pada WhatsApp beta Android versi 2.23.10.6, WhatsApp merombak posisi bilah navigasi yang memuat menu "Chats", "Status", "Calls" (riwayat panggilan), dan "Community" (Komunitas) dari sisi atas ke bawah layar. Kebaruan tersebut sudah mulai digelontorkan ke sejumlah pengguna, termasuk di Indonesia.

Beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia juga mulai membagikan tangkapan layar tampilan baru WhatsApp, seperti yang telah diulas pada artikel "Ramai Tampilan WhatsApp Berubah, Menu Chat Jadi di Bawah, Bagaimana Bisa?".

Jadi, pada tampilan WhatsApp yang baru, bukan cuma desain yang berubah. Pengguna juga tidak lagi bisa menggeser layar ke kanan/kiri untuk berpindah halaman, seperti pada desain lama.

WhatsApp juga mengubah susunan navigasi bar, dari semula Chats, Status, Calls, menjadi Chats Calls, Communities, dan Status.

Terlepas dari hal tersebut, tampilan baru ini secara tidak langsung mirip dengan WhatsApp versi iPhone. Seperti yang diketahui, tampilan aplikasi WhatsApp versi iOS juga memosisikan bilah navigasinya di bawah layar.

Apabila belum kebagian WhatsApp dengan tampilan baru, jangan berkecil hati. Sebab, desain baru tersebut memang belum digulirkan secara resmi oleh WhatsApp ke seluruh pengguna publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com