Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Pesan “Aplikasi Ini Tidak Kompatibel Lagi dengan Perangkat Anda” di Play Store, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 17/06/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, pengguna di media sosial Twitter ramai membicarakan salah satu kendala yang cukup umum dijumpai pada ponsel Android, yaitu muncul pesan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” di toko aplikasi Play Store.

Salah satu keramaian pembicaraan tentang masalah itu bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi, Loading Terus atau Pending

Pada twit tersebut, pengirim bertanya tentang kendala yang dihadapi sembari menyertakan tangkapan layar pesan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” atau “This app isn’t compatible with your device anymore” di Play Store.

Sebagaimana sempat disinggung di awal, munculnya pesan tersebut di Play Store merupakan masalah umum. Di beberapa kasus, masalah biasanya muncul pula dengan pesan “Your device isn’t compatible with this version”.

Melihat keramaian pembicaraan ini, lantas kenapa di Play Store ada tulisan perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini? Bila menjumpai permasalahan serupa, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store.

Penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store

Dalam kondisi ideal atau normal, saat pengguna download atau update aplikasi pada ponsel Android di Play Store, bakal tersedia tombol unduh atau perbarui yang dapat dipilih. Namun, di kondisi tertentu, tombol tersebut bisa saja tidak muncul.

Kemudian, yang muncul hanya pesan “This app isn’t compatible with your device anymore” atau “Your device isn’t compatible with this version”. Alhasil, ketika pesan itu muncul, pengguna tak akan bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi di Play Store.

Untuk diketahui, penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang utama adalah ponsel Android yang dipakai pengguna menggunakan sistem operasi yang telah usang.

Dikutip dari Guiding Tech, Google setiap tahun rutin merilis API Android atau sistem pemrograman yang memungkinkan pengembang mengimplementasikannya di aplikasi buatan mereka agar dapat berjalan di ponsel.

Baca juga: Hati-hati, 60.000 Aplikasi Android Disusupi Adware yang Bikin Baterai Boros

API Android itu digunakan untuk mendukung sistem operasi Android yang terbaru. Setelah API Android terbaru diintegrasikan, pengembang biasanya akan membatasi aplikasi mereka hanya bisa beroperasi di ponsel tertentu, khususnya ponsel dengan sistem operasi terbaru.

Dengan skema seperti itu, ponsel Android dengan sistem operasi usang tidak akan bisa menjalankan aplikasi versi terbaru dari pengembang, sehingga muncul pesan “Your device isn’t compatible with this version” di Play Store.

Selain itu, penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store juga bisa ditimbulkan karena bug pada Play Store itu sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store seperti yang ramai dibicarakan di media sosial.

Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store

1. Update sistem operasi

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbarui atau update sistem operasi. Langkah ini penting dilakukan supaya sistem operasi ponsel sesuai dengan syarat minimum yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi.

Di kebanyakan ponsel Android, cara update sistem operasi bisa dilakukan melalui menu “Settings”. Kemudian, pilih opsi “Pembaruan perangkat lunak”. Lalu, klik opsi unduh dan instal sistem operasi terbaru bila tersedia.

Bila ponsel pada dasarnya tidak lagi mendapat dukungan sistem operasi terbaru maka pengguna tak akan bisa melakukan pembaruan.

2. Hapus cache Play Store

Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store yang kedua adalah dengan menghapus data sementara atau chace yang menumpuk di Play Store. Caranya buka menu “Settings” di ponsel Android.

Lalu, pilih menu pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Play Store. Selanjutnya, klik opsi hapus cache Play Store.

Baca juga: Hati-hati, 85 Aplikasi di Play Store dan App Store Sebarkan Adware ke Ponsel

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store seperti yang tengah ramai dibicarakan di media sosial, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com