Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Broadcast Channel Instagram untuk Kreator Konten

Kompas.com - 17/06/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Fitur baru Instagram yakni Broadcast Channel (saluran) resmi rilis ke seluruh pengguna. Fitur ini memudahkan kreator untuk berkomunikasi satu arah atau melakukan broadcast dengan para pengikutnya di Instagram.

Fitur ini sebenarnya sudah hadir sejak Februari lalu namun kini para pengguna dengan akun profesional/kreator sudah bisa menggunakannya. Broadcast Channel berguna untuk kreator membagikan berbagai pengumuman, detail acara, konten di balik layar, hingga kolaborasi dengan para pengikutnya.

Meskipun sistem komunikasi hanya satu arah, namun pengikut Anda masih bisa menanggapi pesan yang terkirim. Misalnya saya menanggapi polling maupun memberikan reaksi dengan emoji.

Perlu diperhatikan kembali, bahwa Broadcast Channel hanya bisa dibuat oleh akun profesional. Hal tersebut karena fitur ini memang bertujuan untuk membantu para kreator terlibat langsung dengan followers (pengikut) secara real time dalam skala besar.

Lantas bagaimana cara membuat Broadcast Channel Instagram? Selengkapnya berikut ini caranya. 

Baca juga: Fitur Instagram Channel Kini Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Cara membuat Broadcast Channel Instagram

cara membuat channel instagramKompas.com/soffyaranti cara membuat channel instagram

  • Buka Instagram Anda
  • Klik ikon DM Instagram
  • Klik ikon pena di pojok kanan atas
  • Pilih “Buat saluran siaran”
  • Pilih “Mulai”
  • Beri nama Broadcast Channel Instagram Anda
  • Kemudian klik “Buat saluran siaran”

Cara kerja fitur Broadcast Channel Instagram ini mirip dengan Community WhatsApp. Hanya kreator yang bisa mengirimkan pesan. Kreator bisa mengirim bentuk teks, gambar, jajak pendapat (polling), reaksi, dan lainnya.

Sedangkan followers hanya bisa membaca pesan dan menanggapi, seperti memberikan reaksi emoji. Saat kreator mengirimkan pesan, hanya pengikut yang sudah bergabung ke Channel saja yang akan menerima notifikasi.

Baca juga: Putri Ariani Pakai Fitur TalkBack untuk Balas Komentar Instagram, Apa Itu?

Kendati demikian, Instagram juga memungkikan followers Channel menonaktifkn notifikasi bahkan keluar kapan pun mereka mau. Demikian cara membuat Broadcast Channel Instagram. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com