Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Ariani Pakai Fitur TalkBack untuk Balas Komentar Instagram, Apa Itu?

Kompas.com - Diperbarui 16/06/2023, 09:49 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, nama Putri Ariani menjadi sorotan warganet karena audisinya di ajang pencari bakat America's Got Talent (AGT) 2023 memukau juri dan penonton. Ia bahkan mendapat Golden Buzzer dari salah satu juri, Simon Cowell.

Namanya pun sontak menjadi trending. Bahkan videonya telah dilihat 12 juta kali di YouTube dan menjadi perhatian khusus bagi sebagian masyarakat. Instagramnya dengan handle @arianinismaputri juga turut dipenuhi dengan berbagai komentar positif yang mendukungnya.

Tak jarang dirinya pun membalas satu per satu komentar warganet di akun Instagramnya. Hal ini yang terkadang membuat penasaran beberapa pengguna IG, bagaimana cara Putri membalas komentar Instagram.

Beberapa warganet pun mengira bahwa Putri Ariani memiliki admin khusus yang membantunya dalam membalas komentar. Namun sebenarnya Putri Ariani membalas sendiri komentar-komentar tersebut. 

Pada salah satu channel YouTube kreator konten, ia menjelaskan bahwa dirinya memanfaatkan fitur TalkBack yang ada di smartphone Android. Fitur tersebut yang membantunya mengoperasikan device secara mandiri meskipun memiliki keterbatasan. Salah satunya dalam membalas komentar Instagram. 

Lantas apa yang dimaksud denga fitur TalkBack? dan bagaimana cara menggunakannnya? Selengkapnya berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: Video Audisi Putri Ariani AGT Tembus 12 Juta View di YouTube dan Trending Nomor 1

Apa Itu Fitur TalkBack yang Ada di Ponsel Android?

Fitur TalkBackAndroid Central Fitur TalkBack

Dilansir dari Android Central, TalkBack merupakan salah satu fitur dari layanan Aksesibilitas yang biasanya sudah hadir secara bawaan di ponsel Android. Fitur ini berguna untuk membantu pengguna yang mengalami gangguan penglihatan agar dapat berinteraksi dan menggunakan perangkat mereka.

TalkBack akan menggunakan kata yang diucapkan, getaran, dan umpan balik suara untuk memberikan panduan kepada pengguna apa yang sedang dalam interaksi dengan smartphone.  Saat fitur ini aktif dan pengguna mulai menyentuhnya, TalkBack akan memberikan umpan balik suara yang berguna memberikan arahan saat menggunakan ponsel.

Cara kerja TalkBack adalah dengan menggunakan jari untuk menjelajahi apa yang ada di layar ponsel Android Anda. Saat Anda menemukan elemen tertentu, TalkBack akan memiliki blok teks yang kemudian akan membacakan informasi apa yang sedang Anda sentuh di layar tersebut.

Misalnya saja saat ada pesan teks seperti waktu atau pemberitahuan tertentu. TalkBack akan membacakan teks tersebut dengan jelas. Proses inilah yang terjadi pada Putri Ariani saat dirinya membalas komentar di Instagram.

Bahkan TalkBack juga mampu membaca karakter-karakter khusus, seperti emotikon hingga situs alamat web. Sistem ini dirancang dengan baik, khususnya membantu pengguna yang mengalami gangguan penglihatan.

Apabila pengguna dapat mengikuti petunjuk dengan baik lewat umpan balik suara yang terbaca dari TalkBack, pengguna bisa menggunakannya dengan lancar tanpa hambatan layaknya pengguna yang sedang mengoperasikan ponsel biasanya.

Cara mengaktifkan fitur TalkBack di HP Android

Fitur TalkBack di ponsel AndroidKompas.com/soffyaranti Fitur TalkBack di ponsel Android

Bagi Anda pengguna HP Android, fitur ini tak perlu diunduh terlebih dahulu di Google Play Store. Melainkan layanan ini sudah ada dan terinstal di ponsel Anda. Begini cara mengaktifkannya.

  • Buka "Settings/Setelan"
  • Pilih "Setelan tambahan"
  • Klik "Aksesibilitas"
  • Geser ke menu "Penglihatan"
  • Pilih "TalkBack" dan geser toggle "Gunakan TalkBack"

Setelah itu akan muncul teks blok yang membantu pengguna untuk menggunakan fitur-fitur di ponsel. Teks blok itulah yang akan memberikan umpan balik suara sehingga pengguna mampu mengerti dan menjalankan fitur-fitur ponsel Android dengan baik.

Cara menggunakan TalkBack

  • Setelah TalkBack aktif, mulailah menggeser kanan atau kiri untuk berpindah antar-item.
  • Ketuk dua kali untuk mengaktifkan item
  • Tarik dengan dua jari untuk menggulir (scroll) layar ponsel
  • Apabila ingin menonaktifkannya, masuk ke menu pengaturan Aksesibilitas kembali dan geser toggle "Gunakan TalkBack" ke kiri untuk menonaktifkan.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Video Audisi Putri Ariani AGT Tembus 12 Juta View di YouTube | Ramai Tampilan WhatsApp Berubah, Menu Chat Ada di Bawah

Fitur TalkBack merupakan fitur bawaan dari Google yang biasanya sudah terinstal di ponsel Android. Apabila pengguna menggunakan iOS dapat memanfaatkan fitur aksesbilitas di iPhone yaitu VoiceOver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com