Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Muncul Keterangan “Instagram User” di DM Instagram

Kompas.com - 18/06/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda saat mengecek atau scrolling Direct Message (DM) Instagram muncul salah satu akun pengguna dengan nama “Instagram User”. Biasanya nama pengguna dengan “Instagram User” ini disertai dengan profil foto kosong abu-abu.

Selain itu apabila diklik dan ditelusuri, akun tersebut tidak menampilkan postingan apa pun. Dilansir dari Bustle, munculnya Instagram User atau “Pengguna Instagram” dengan profil abu-abu kosong memberikan beberapa kemungkinan, salah satunya seseorang telah menonaktifkan akunnya. Selain itu terdapat beberapa faktor lain. Apa saja itu? berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Cara Bikin Avatar Instagram agar Punya Dua Foto Profil

Akun Instagram dinonaktfikan sementara

Instagram User Nerd Techy Instagram User

Pertama, bisa jadi pengguna telah menonaktifkan akun Instagramnya. Saat pengguna tersebut memutuskan menonaktfikan akun Instagramnya, maka seluruh profil, followers, suka, dan komentar akan disembunyikan dari pengguna lain. Hingga mereka memutuskan untuk mengaktifkannya kembali.

Maka dari itu ketika Anda menemukan akun “Instagram User” di DM dan mencoba mengklik profilnya maka akun tersebut akan tampak kosong.

Pengguna memblokir Anda

Kedua, terdapat kemungkinan bahwa bisa jadi pengguna telah memblokir akun Anda. Saat pengguna memutuskan memblokir akun IG Anda, tentu Anda sudah tidak bisa melihat postingan mereka.

Jumlah followers atau following bisa jadi terlihat namun postingan biasanya tampak kosong. Untuk mengecek apakah Anda diblokir atau tidak, Anda dapat mengeceknya dengan cara-cara seperti pada artikel “Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir Teman atau Tidak”.

Pengguna menghapus akunnya

Saat pengguna menghapus akunnya tentu seluruh profil, foto, komentar, like, dan pengikut akan terhapus secara permanen. Maka dari itu akun Anda akan hilang sehingga muncul “Instagram User” atau “Pengguna Instagram” di DM Anda.

Itulah beberapa kemungkinan kenapa muncul "Instagram User" di akun IG khususnya di DM Anda. Lantas bagaimana jika Anda ingin memutuskan untuk menonaktfikan sementara akun Instagram? Berikut ini caranya.

Baca juga: Cara Komentar Pakai GIF di Instagram dengan Mudah, Sudah Coba?

Cara menonaktfikan akun Instagram sementara

  • Buka Instagram versi website di alamat Instagram.com lewat peramban
  • Masuk atau log in menggunakan username dan password Instagram Anda
  • Klik “Profil”
  • Pilih “Edit Profil”
  • Gulir ke bawah dan klik “Nonaktifkan sementara akun saya”
  • Setelah itu Instagram akan menyodorkan tampilan di mana Anda harus mengisi alasan untuk menonaktifkan akun
  • Pilih salah satu alasan dari menu drop down yang ada
  • Kemudian masukkan password Instagram Anda
  • Terakhir klik tombol “Nonaktifkan sementara akun saya” yang berada pada paling bawah halaman Klik “Ya/Yes” di jendela pop-up yang muncul
  • Beberapa saat kemudian Instagram akan menonaktifkan akun Anda

Baca juga: Ini Waktu Terbaik Upload Konten TikTok, Instagram, dkk agar Trending

Untuk mengaktifkannya kembali, pengguna bisa masuk ke laman instagram.com untuk mengisi username dan password seperti semula. Itulah arti dari “Instagram Useer” yang muncul di DM Instagram. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com