Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengunci Tab Incognito Google Chrome di iPhone biar Tak Dibuka Sembarangan

Kompas.com - 20/06/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi Google Chrome untuk ponsel dibekali dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya yang terbaru adalah fitur Lock Incognito. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci tab Incognito di aplikasi Chrome ponsel.

Mode Incognito di Chrome sendiri adalah mode yang memungkinkan pengguna browsing tanpa menyimpan riwayat atau history. Mode Incognito di Chrome berguna saat pengguna hendak menelusuri website secara lebih privasi.

Baca juga: Cara Menghapus History Google Chrome di Laptop dan HP dengan Mudah

Untuk mendukung privasi tersebut, hadirlah fitur Lock Incognito di Chrome. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengunci kumpulan tab browsing yang dibuka dalam mode Incognito di Chrome, sehingga tak mudah diakses sembarang orang.

Sejak awal Januari, fitur Lock Incognito telah hadir di Chrome untuk ponsel Android. Kini, fitur kunci Incognito Chrome itu sudah bisa dijajal pula di iPhone. Lantas, bagaimana cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone?

Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone agar tak mudah dibuka sembarangan.

Cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone

  • Buka mode Incognito di Chrome iPhone. Caranya klik dan tahan ikon tab yang berada di bagian bawah. Setelah muncul pop-up menu, pilih opsi “Tab Samaran Baru”.
  • Selanjutnya, pada halaman awal mode Incognito di Chrome, klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Setelah”.
  • Kemudian, pilih opsi “Privasi dan Keamanan”.
  • Pada opsi itu, silakan aktifkan opsi “Kunci Tab Samaran Saat Anda Menutup Chrome”.
  • Pastikan sebelum mengaktifkan fitur Lock Incognito Chrome, sistem keamanan iPhone telah diatur terlebih dahulu, bisa kata sandi ataupun Face ID.

Ilustrasi cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone.

Cukup mudah bukan cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone? Saat dikunci, pengguna perlu melakukan verifikasi sistem keamanan iPhone terlebih dahulu untuk membuka tab Incognito di Chrome.

Tab Incognito bakal otomatis terkunci saat pengguna keluar dari Chrome. Demikianlah penjelasan mengenai cara kunci tab Incognito di Chrome iPhone dengan mudah sehingga tak bisa diakses sembarang orang.

Baca juga: Cara Mengatasi This Site Can’t be Reached pada Google Chrome

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal melalui aplikasi Google Chrome versi 114.5735.99 pada iPhone model Face ID dengan sistem operasi iOS 16.5. Beda platform yang dipakai mungkin bakal berbeda pula caranya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com