Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Kompas.com - 20/06/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Chat GPT tampaknya telah menjadi program yang cukup populer digunakan sekarang. Kepopuleran ChatGPT tak lepas dari kemampuannya dalam membantu pekerjaan pengguna secara cukup mengesankan. Lantas, apa yang bisa dilakukan di ChatGPT?

Meski sudah cukup populer, sebagian pengguna mungkin ada yang masih belum mengetahui kegunaan Chat GPT. Oleh karena itu, pada artikel ini bakal dijelaskan mengenai Chat GPT bisa digunakan untuk apa saja.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Apa itu Chat GPT?

Sebelum mengetahui manfaat ChatGPT, ada baiknya pengguna mengetahui secara ringkas mengenai apa itu Chat GPT. Chat GPT adalah program Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI.

Secara konsep, Language Model sendiri merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi itu menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna pada Language Model.

Untuk bisa menyajikan output, Chat GPT yang berbasis Language Model telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar (dataset). Ketika pengguna memasukkan perintah, Chat GPT bakal mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari.

Kemudian, ChatGPT akan menyajikan prediksi, tanggapan, atau jawaban sesuai perintah yang dimasukkan pengguna. Misalnya, pengguna memasukkan teks “Saya ingin makan”, lalu Language Model bisa melengkapinya berdasar perintah jadi “Saya ingin makan tahu”.

Itu hanya sekadar contoh. Tanggapan ChatGPT bisa lebih kompleks. Chat GPT dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah dan pertanyaan pengguna. Jawaban ChatGPT sendiri dibuat dalam format layaknya percakapan antar sesama manusia.

Untuk menghasilkan tanggapan yang kompleks, ChatGPT dilatih dengan sekumpulan data dan pelatih AI manusia untuk memberikan masukan atas responsnya. Dengan latihan ini, ChatGPT bisa menghasilkan respons natural ketika berinteraksi dengan pengguna.

Lantas, apa yang bisa dilakukan di ChatGPT? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan berikutnya mengenai kegunaan Chat GPT di bawah ini.

Kegunaan Chat GPT

1. Menyusun teks

Kegunaan Chat GPT yang pertama adalah dapat dimanfaatkan untuk menyusun teks. Pengguna bisa meminta Chat GPT untuk menyusun teks dengan tujuan, format, dan gaya bahasa yang sesuai permintaan.

Misalnya, pengguna dapat meminta Chat GPT untuk membuatkan teks pidato untuk memperingati Hari Kemerdekaan dengan panjang kata sebanyak 500 kata dan menggunakan gaya bahasa formal.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Bing AI, Termasuk Bikin Gambar dari Teks

2. Melengkapi teks

Kedua, fungsi Chat GPT adalah dapat dipakai untuk melengkapi teks. Pengguna dapat meminta Chat GPT untuk melengkapi teks yang sudah dibuat sebelumnya. Contoh penerapan fungsi ini bisa dilihat dalam soal matematika.

Misalnya, saat pengguna memasukkan formula “2+2+4=”, ChatGPT secara otomatis bisa melengkapi penjumlahan tersebut dengan menyajikan jawaban “8”.

3. Merangkum teks

Pengguna dapat memasukkan teks tertentu berisi beberapa paragraf dan meminta Chat GPT untuk membuat rangkumannya. Fungsi ini dapat dimanfaatkan ketika pengguna ingin mempelajari isi bagian buku atau artikel dengan lebih ringkas.

4. Parafrase teks

Selain merangkum, pengguna juga bisa meminta Chat GPT untuk melakukan parafrase teks yang telah dimasukkan. Chat GPT dapat membuatkan tulisan dengan gaya berbeda, tetapi memiliki substansi yang sama seperti teks yang dimasukkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com