Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Kompas.com - 01/06/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT kian populer hingga kini. Kepopuleran itu tak lepas dari kemampuan yang dimiliki program chatbot artificial intelligence buatan OpenAI tersebut. Sebagaimana umum diketahui, ChatGPT mampu menjawab aneka pertanyaan dan perintah pengguna.

Dengan kemampuan itu, ChatGPT punya beberapa manfaat. Kemampuan ChatGPT dalam menyajikan tanggapan atau jawaban dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna dalam menghasilkan uang.

Baca juga: ChatGPT Bisa Rekam Data Pribadi dan Chat Pengguna, Begini Cara Menghapusnya

Perlu diketahui, ChatGPT sejatinya tidak menyediakan pekerjaan yang bisa dipakai untuk langsung menghasilkan uang. Sama seperti program atau aplikasi lain, ChatGPT pada dasarnya hanya sebuah alat yang menunjang pekerjaan manusia.

Lewat ChatGPT, terdapat beberapa proses pekerjaan yang bisa dibantu penyelesaiannya dengan lebih cepat. ChatGPT bisa dibilang seperti asisten pengguna dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan, terutama di bidang digital.

Bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan itulah yang dapat dilakukan ChatGPT untuk memudahkan pengguna menghasilkan uang. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan ChatGPT untuk mendapatkan uang?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa tips memanfaatkan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, sehingga bisa memperoleh uang dengan lebih mudah.

Cara menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan uang

1. Mencari ide konten

Pengguna dapat memanfaatkan ChatGPT untuk mencari ide dalam membuat konten. ChatGPT dapat diperintahkan untuk membuat daftar ide konten sesuai dengan tema, tujuan, dan target yang ditentukan pengguna.

2. Menulis konten

Pengguna juga bisa memanfaatkan ChatGPT untuk menulis tentang topik tertentu. Ketika diperintahkan menulis sesuatu, ChatGPT bakal menyajikan tulisan yang sesuai dengan permintaan pengguna.

3. Melakukan penerjemahan

Bila dalam pekerjaan butuh untuk menerjemahkan tulisan ke bahasa lain, ChatGPT bisa menjadi alat yang dapat diandalkan. ChatGPT dibekali dengan kemampuan untuk memahami berbagai bahasa.

Dengan keemampuan menguasai berbahasa, pengguna dapat menggunakan ChatGPT untuk menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya, bahasa Indonesia ke bahasa Jepang, serta masih banyak lagi pilihannya.

4. Membantu penelitian

Pekerjaan penelitian dapat dibantu beberapa prosesnya dengan ChatGPT. Dalam proses penelitian, pengguna umumnya bakal melakukan beberapa hal, seperti menyusun kerangka penelitian, menentukkan teori dan metode yang dipakai, serta membuat judul.

Semua proses itu dapat dibantu dengan ChatGPT. Misalnya, pengguna bisa memerintahkan ChatGPT untuk menyusun gambaran kerangka penelitian yang bakal dilakukan atas permasalahan tertentu.

5. Menyusun tabel pekerjaan

Kelima, pengguna dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membuat tabel pekerjaan yang harus diselesaikan dalam rentang waktu tertentu. Kemampuan ini bisa membantu pengguna untuk lebih terjadwal dalam menyelesaikan pekerjaan.

Demikianlah beberapa cara menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan uang. Sebagai informasi tambahan, untuk menghasilkan tanggapan yang lebih akurat, pengguna dapat memberikan perintah ke ChatGPT dengan informasi yang spesifik dan detail.

Baca juga: Mengenal Bing AI, Chatbot yang Bisa Jawab Aneka Pertanyaan Mirip ChatGPT

Penting dicatat pula, hasil dari ChatGPT tidaklah tepat 100 persen. ChatGPT masih bisa menghasilkan tanggapan yang salah. Oleh karena itu, pengguna tetap harus memantau lebih lanjut tanggapan yang disajikan ChatGPT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com