Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Penerjemah Kalimat Instan Pakai "Circle to Search" Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 24/04/2024, 11:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menambah kemampuan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) bernama Circle to Search. Kini, Circle to Search bisa menerjemahkan (translate) kalimat secara instan.

Kemampuan translate instan Circle to Search ini sudah bisa dijajal di Indonesia. Sepengalaman KompasTekno, Selasa (23/4/2024), fitur ini sudah tersedia di ponsel Galaxy S24 Ultra kami.

Fitur Circle to Search pertama kali debut lewat trio Samsung Galaxy S24 series pada pertengahan Januari lalu. Kini, fitur ini sudah digelontorkan ke lebih banyak HP termasuk ke lini Samsung S23 series, Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5, serta smartphone Google Pixel 6 atau yang lebih baru.

Jadi, seharusnya deretan ponsel flagship yang disebutkan tadi juga sudah bisa menikmati fitur translate instan Cirle to Search.

Baca juga: Fitur AI Circle to Search Kini Bisa Terjemahkan Kalimat Instan

Sesuai namanya, translate instan Cirle to Search ini membuat pengalaman menerjemahkan kalimat bahasa asing secara instan, mudah, dan cepat dimanapun, kapanpun, dan dalam bahasa apapun (yang didukung Google).

Selama ini, umumnya pengguna internet mengandalkan Google Translate atau Google Lens untuk menerjemahkan sesuatu.

Dalam prosesnya, kita harus menyalin kalimat berbahasa asing, lalu buka aplikasi/situs Google Translate. Atau mengambil tangkapan layar kemudian membuka Google Lens untuk diterjemahkan. Ada proses yang cukup panjang di sana.

Nah, fitur translate di Cirle to Search ini menyederhanakan proses tersebut dengan sekali klik dan tanpa berpindah aplikasi.

Fitur AI Circle to Search bisa transalte instan, tanpa perlu pindah ke aplikasi Google Translate/Lens.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur AI Circle to Search bisa transalte instan, tanpa perlu pindah ke aplikasi Google Translate/Lens.
Jadi, semisal, pengguna menemukan situs/konten berbahasa asing, seperti Korea, Hindi, Jepang, dan lain sebagainya ketika berselancar di internet, pengguna bisa memanggil "Circle to Search".

Seperti gambar di atas, kami bisa menerjemahkan konten bahasa asing langsung di dalam aplikasi TikTok dan menerjemahkan lirik lagu bahasa China di YouTube Music.

Caranya, klik tombol Home sebentar. Kemudian, pengguna akan melihat ikon khas Google Translate di pojok kiri bawah. Pengguna tinggal klik ikon translate tadi untuk menerjemahkannya secara instan.

Baca juga: Cara Pakai Circle to Search di Samsung Galaxy S24, Googling Cepat Tanpa Perlu Buka Browser

Fitur translate di Circle to Search ini akan mendeteksi bahasa asal secara otomatis. Pengguna bisa memilih bahasa tujuan sesuai keinginan.

Secara umum, cara kerja fitur ini sama persis seperti menerjemaahkan di Google Translate atau Google Lens.

Hanya saja, kehadiran fitur translate di Circle to Search ini bakal semakin memudahkan pengguna dalam menerjemahkan bahasa.

Sebab, pengguna tidak perlu lagi melakukan copy-paste, membuka situs Google Translate, apalagi mengambil screenshot lalu diterjemahkan di Google Lens.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com