Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Oppo Find X6 Pro Bikin Foto Bokeh dari Jarak Jauh

Kompas.com - 28/06/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find X6 Pro 5G menjadi ponsel flagship teranyar Oppo yang mengedepankan aspek kamera. Salah satu nilai jual kameranya adalah mode teleportrait baru dengan zoom 1x, 2x, dan 3x.

Yang menarik, menurut Imaging Product Manager Oppo, Bai Lan, mode teleportrait ini memungkinkan pengguna bisa mengambil foto bokeh (latar belakang blur) meski dari jarak yang cukup jauh dari objek.

"Faktanya, seri Find X6 Pro ini memungkinkan pengguna mengambil foto sejauh 7 meter dalam mode potret. Ini merupakan salah satu (kamera teleportrait) yang paling jauh di industri smartphone saat ini," kata Bai Lan di sela-sela rangkaian acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour, Rabu (27/6/2023).

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Kamera Oppo Find X6 Pro 5G di Bali

Imaging Product Manager Oppo, Bai Lan saat hadir di rangkaian acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour, Rabu (27/6/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Imaging Product Manager Oppo, Bai Lan saat hadir di rangkaian acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour, Rabu (27/6/2023).
Hal itu dimungkinkan berkat lensa XCD 30mm dan XCD 80mm Hasselblad yang disematkan pada Oppo Find X6 Pro. Kedua lensa ini memiliki focal lengths (panjang fokus) di 24mm dan 65mm.

Oppo juga bekerja sama dengan Hasselblad, perusahaan kamera asal Swedia,untuk membuat algoritma bokeh yang canggih untuk gambar potret.

Dengan menggunakan model pelatihan AI di sisi perangkat, algoritma dapat menganalisis objek seperti langit, tanah, dan pepohonan secara real-time dan melakukan segmentasi multi-semantik berbasis objek.

Menurut Oppo, hal ini bisa meningkatkan akurasi penguncian foto secara signifikan untuk memberikan potret yang alami.

Selain mode teleportrait, Oppo Find X6 Pro 5G ini dibekali tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50MP (f/1.8, Sony IMX989, OIS, 1-inci, PDAF), kamera ultrawide 50MP (f/2.2, Sony IMX890, 1/1.56-inch, mode makro), dan kamera telefoto 50MP (f.2.6, Sony IMX890, OIS, 1/1.56-inci).

Kemampuan kamera Oppo Find X6 Pro

Oppo menyelenggarakan acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour di Bali untuk memamerkan teknologi kamera paling mutakhir di ponsel flagship Oppo Find X6 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo menyelenggarakan acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour di Bali untuk memamerkan teknologi kamera paling mutakhir di ponsel flagship Oppo Find X6 Pro.
Saat ini, Oppo Find X6 Pro hanya dijual untuk pasar China saja, tidak dirilis di pasar global termasuk di Indonesia.

Meski begitu, dalam ajang Oppo APAC Vitality Imaging Tour ini, Oppo membawa Oppo Find X6 Pro untuk dijajal secara eksklusif dan terbatas oleh sejumlah awak media dan influencer teknologi dari beberapa negara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia.

Baca juga: Oppo Find X6 Pro Masuk Indonesia atau Tidak, Oppo?

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto pun berpartisipasi dalam rangkaian acara ini. Selama tiga hari, kami mengikuti workshop fotografi bersama sejumlah fotografer profesional seperti Randy Mu (China) dan Sharon Angelia (Bali).

Kami pergi ke beberapa tempat yang menampilkan pemandangan eksotis Bali, seperti ke Uluwatu, Pantai Gunung Payung Nusa Dua, serta kafe-kafe khas Bali.

Selama workshop, kami menjajal seluruh kamera Oppo Find X6 Pro. Kami menggunakan kamera utama dan ultrawide untuk mengabadikan landscape atau pemandangan Bali dalam bidang pandangan yang lebih luas.

Lalu, kami juga mengambil foto foto yang lebih detail dengan kamera telefoto dan mode teleportrait di Oppo Find X6 Pro.

Saat datang ke tempat-tempat hunting foto, fotografer Randy dan Sharon membimbing kami untuk memanfaatkan sinar matahari, pantai, dan tekstur (bangunan) Bali agar foto yang diambil semakin apik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com