Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A60 Resmi dengan Layar Jumbo dan Baterai Fast Charging 45 Watt

Kompas.com - 26/04/2024, 15:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan satu smartphone kelas menengah terbarunya dari keluarga Oppo A-Series, yaitu Oppo A60. Ponsel Android ini debut di pasar Vietnam.

Fitur unggulan Oppo A60 terletak di aspek desain, di mana punggung ponsel untuk varian warna biru dilapisi dengan cangkang mengilap dengan motif yang menyerupai air ombak di laut.

Pada bagian depan, ponsel ini mengadopsi layar IPS LCD 6,67 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 950 nit. 

Baterai juga menjadi salah satu nilai jual Oppo A60. Sebab, ponsel ini memiliki baterai jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat SuperVOOC berdaya 45 watt.

Pada segi fotografi, Oppo A60 dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (depth sensor). Di bagian depan, ada kamera 8 MP yang bisa digunakan untuk swafoto. 

Beralih ke sektor performa, Oppo A60 ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) hingga 256 GB.

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup pemindai sidik jari yang dibenamkan di tombol power, slot kartu microSD yang mendukung kapasitas hingga 1 TB, dan tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP54.

Baca juga: Oppo A79 5G Rilis di Indonesia, Layar Lebih Besar Harga Rp 3 Jutaan

Untuk aspek software, Oppo A60 menjalankan sistem operasi Android 14 yang dipadukan dengan tampilan antarmuka ColorOS 14, sebagiamana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (26/4/2024).

Di pasar Vietnam, Oppo A60 tersedia dalam varian warna Purple dan Blue. Ponsel ini dijual dengan harga 5,5 juta Dong Vietnam (sekitar Rp 3,5 juta) untuk varian 8 GB/128 GB atau 6,5 juta Dong Vietnam (sekitar Rp 4,1 juta) untuk varian 8 GB/256 GB. 

Belum ada informasi apakah Oppo A60 akan dipasarkan di luar Vietnam atau tidak. Namun, pengguna Indonesia yang ingin meminang ponsel serupa bisa menengok beberapa ponsel Oppo yang sudah dirilis di Tanah Air.

Tiga di antaranya yang memiliki spesifikasi yang nyaris serupa adalah Oppo A77s, Oppo A78 4G, dan Oppo A96. Ketiga ponsel ini sama-sama memiliki layar 90 Hz, baterai 5.000 mAh, kamera utama 50 MP, dan chipset Snapdragon 680.

Baca juga: Oppo A3 Pro Resmi, Diklaim HP Paling Tahan Air Sedunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com