Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Ponsel dengan Kamera Terbaik, Sebagus Apa Hasil Bidikan Oppo Find X6 Pro?

Kompas.com - 27/06/2023, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Oppo memamerkan kemampuan kamera dari ponsel flagship terbarunya, Oppo Find X6 Pro 5G. Ponsel yang mengunggulkan aspek kamera ini dipamerkan dalam rangka acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour yang berlangsung di Bali pada 25-26 Juni 2023.

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto mendapat kesempatan eksklusif menjajal kamera Oppo Find X6 Pro untuk memotret "The island of Gods, Bali".

Kesempatan menjajal kamera Oppo Find X6 Pro ini menarik lantaran dua hal. Pertama, karena kamera Find X6 Pro ini dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera terbaik oleh DxOMark, situs web yang biasa melakukan pengujian kamera ponsel.

Predikat itu diraih April 2023. Alasan kedua adalah karena Oppo Find X6 Pro ini hanya dipasarkan di pasar China saja.

Lantas, sebagus apa hasil jepretan kamera Oppo Find X6 Pro 5G ini? Ikuti ulasannya berikut ini.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Kamera Oppo Find X6 Pro 5G di Bali

Trio 50 MP

Oppo Find X6 Pro 5G memang mengunggulkan sektor kamera. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), serta kamera telefoto 50 MP (f/2.6).

Fitur unggulan lain dari kamera Oppo Find X6 Pro adalah mode kamera teleportrait dengan opsi zoom 1x, 2x, dan 3x.

KompasTekno pun menjajal kemampuan kamera HP terbaik versi DxOMark pada April 2023 ini seharian di beberapa tempat dan waktu berbeda.

Misalnya, kami berburu momen matahari terbit di sekitar hotel saat pagi. Lalu, siang hari kami mengunjungi Pantai Pandawa. Terakhir, kami berburu momen matahari terbenam sambil menikmati pertunjukan Kecak di Uluwatu, Bali.

Oppo Find X6 Pro mampu menyajikan gambar dengan detail warna yang baik. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro mampu menyajikan gambar dengan detail warna yang baik.
Sepengalaman KompasTekno, ketiga kamera Oppo Find X6 Pro tidak ada yang gagal, alias ketiganya mampu menghasilkan gambar yang bagus.

Untuk kamera utama 50 MP, Oppo menggunakan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci. Dengan ukuran sensor kamera yang besar, ponsel diharapkan mampu mengumpulkan cahaya secara lebih baik, memberikan fokus lebih cepat, menghadirkan kinerja rentang dinamis yang lebih baik.

Sepengalaman KompasTekno, menjepret indahnya pemandangan Bali menggunakan kamera ini memang memanjakan mata.

Kami bisa memotret pemandangan Pantai Pandawa di tengah teriknya matahari. Namun, bila melihat gambar di atas, kami masih mendapatkan foto dengan detail warna awan, gradasi air laut, deburan ombak, pasir, dan obyek lainnya dengan baik.

Cukup terang di kondisi minim cahaya

Oppo Find X6 Pro mampu menghasilkan gambar dengan rentang warna yang baik, tajam, dan detail, meski dalam kondisi minim cahaya (lowlight).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro mampu menghasilkan gambar dengan rentang warna yang baik, tajam, dan detail, meski dalam kondisi minim cahaya (lowlight).
Dalam kondisi cahaya minim atau saat petang atau malam hari, kamera utama Oppo Find X6 Pro juga mampu memberikan gambar yang terang dengan rentang warna yang luas.

Misalnya, dari foto di atas, kami bisa memotret pertunjukan Kecak di Uluwatu saat matahari terbenam dengan detail gradasi warna langit, serta tetap mendapatkan jepretan para pemain Kecak dengan tajam dan detail.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com