Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamerkan Kemampuan Kamera Find X6 Pro di Indonesia

Kompas.com - 26/06/2023, 06:53 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Oppo memamerkan ponsel flagship terbarunya, Oppo Find X6 Pro di Indonesia.

Ponsel yang mengunggulkan aspek kamera ini dipamerkan dalam rangka acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour yang berlangsung di Bali pada 25-26 Juni 2023.

Oppo Find X6 Pro ini dirilis di China pada Maret 2023. Ponsel flagship teranyar Oppo ini hanya hadir di pasar China saja.

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto berkesempatan ikut dalam acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour ini, bersama beberapa media dan influencer dari Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, hingga Taiwan.

Baca juga: DxOMark Nobatkan Oppo Find X6 Pro sebagai Ponsel dengan Kamera Terbaik

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengungkapkan bahwa, dalam acara ini, Oppo ingin menunjukkan kemajuan fotografi di ponsel Oppo.

Salah satunya, Oppo Find X6 Pro ini sudah dibekali kamera telefoto 50 MP dengan 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan zoom digital hingga 120x.

Kamera periskop yang mempunyai focal length 65 mm ini mengandalkan sensor Sony IMX890. Kamera ini juga sudah didukung teknologi OIS (Optical Image Stabilization). 

Oppo Find X6 Pro punya mode teleportrait. Dengan ini, pengguna bisa mengambil gambar bokeh dengan metode perbesaran 1x, 2x, dan 3x.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro punya mode teleportrait. Dengan ini, pengguna bisa mengambil gambar bokeh dengan metode perbesaran 1x, 2x, dan 3x.
Namun, yang menarik, Oppo Find X6 Pro kini juga memiliki kamera teleportrait dengan opsi zoom 1x, 2x, dan 3x. Jadi pengguna bisa mengambil foto menunjang foto dengan latar belakang bokeh dengan perbesaran hingga 3x.

"Memang sekarang yang banyak diinginkan konsumen itu jenis lensa seperti yang dipakai di Oppo Find X6, yaitu teleportrait," kata Aryo.

Selain kamera telefoto, Oppo Find X6 Pro juga memiliki kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2). Ada juga kamera selfie 32 MP (f/2.4).

Fitur kamera di ponsel ini juga didukung dengan lensa dan teknologi dari perusahaan kamera kenamaan Hasselblad, serta chip pintar (NPU) MariSilicon X untuk meningkatkan kualitas foto dan video.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, Oppo Find X6 Pro dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera terbaik versi situs web yang biasa melakukan pengujian kamera ponsel, DxOMark.

Bakal masuk Indonesia?

Tampang layar Oppo Find X6 Pro dan kotak kemasan versi ritel China.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampang layar Oppo Find X6 Pro dan kotak kemasan versi ritel China.
Sayangnya, Aryo memastikan bahwa Oppo Find X6 Pro ini hanya dipasarkan di China saja.

Artinya, hingga saat ini, ponsel flagship ini tidak akan dipasarkan secara global, termasuk tidak dijual di Indonesia. Seri Find X terakhir yang masuk ke Indonesia adalah Oppo Find X5 Pro yang dirilis pada 2022.

Lalu, mengapa Oppo memamerkan Oppo Find X6 Pro di Indonesia? Aryo mengungkapkan, Oppo ingin memamerkan kebolehan kamera Find X6 Pro ke masyarakat Indonesia. Salah satunya mode kamera teleportrait dengan perbesaran (zoom) hingga 3x.

Baca juga: Boyong Dual Sensor Flagship dari Sony, Ini 4 Keunggulan Oppo Find X5 Pro 5G

"Sebab, ke depannya, Oppo Indonesia berupaya memperkenalkan teknologi (kamera teleportrait) yang ada di Find X6 Pro ini, ke perangkat Oppo seri lain dengan harga yang lebih terjangkau untuk banyak orang," kata Aryo.

Saat ditanya perangkat apa yang bakal membawa teknologi kamera telefoto seperti Oppo Find X6 Pro, Aryo hanya menjawab "tunggu saja kehadiran perangkat ini dalam waktu dekat".

Kalau tidak ada halangan, kata Aryo, perangkat Oppo baru dengan teknologi teleportrait itu bakal dirilis satu hingga dua bulan ke depan.

Namun bila melihat riwayat perangkat Oppo, selama ini, fitur "portrait" menjadi fitur andalan Oppo Reno series. Fitur portrait telah melengkapi jajaran ponsel Reno series, mulai dari Reno4 higga Reno6. Terakhir, Oppo Reno 8 series yang mengusung tagline "The Portrait Expert".

Aryo enggan memberikan bocoran perangkat Oppo seri mana yang direncanakan masuk ke Indonesia dengan fitur mirip teleportrait pada Oppo Reno X6 Pro.

Ia hanya menyebut, gengan harga yang lebih terjangkau, harapannya akan lebih banyak konsumen yang bisa merasakan teknologi flagship tersebut dengan harga yang lebih murah.

Hal ini serupa ketika Oppo "merakyatkan" teknologi pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC. Awalnya, kata Aryo, fitur fast charging SuperVOOC itu hanya ada di lini flagship Oppo. Namun kini, fitur tersebut sudah mulai dibawa ke ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

Spesifikasi Oppo Find X6 Pro di China

Tampang bodi Oppo Find X6 Pro dari sisi bawah, atas, kanan, dan kiri.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampang bodi Oppo Find X6 Pro dari sisi bawah, atas, kanan, dan kiri.

Selengkapnya, berikut spesifikasi Oppo Find X6 Pro 5G di China.

Layar AMOLED 6,82 inci, resolusi 1.440 x 3.168 pikels, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, tingkat kecerahan maksimul 2.500 nits, HDR 10+, kaca Gorilla Glass Victus 2

 

Dimensi dan bobot

164,8 x 76,2 x 9,1 mm
216 gram

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
CPU: Octa-core (1x3.2 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPU: Adreno 740
Memori RAM: 12/16 GB
Storage: 256/512 GB
Kamera belakang Kamera utama 50MP (f/1.8), Sony IMX989, OIS, 1-inch, PDAF
Kamera ultrawide 50MP (f/2.2), Sony IMX890, 1/1.56-inch, mode Makro
Kamera telefoto 50MP (f.2,6), Sony IMX890, OIS, 1/1.56-inch

 

Kamera depan Kamera depan 32MP (f/2.4), Sony IMX709 RGBW Sensor

 

Baterai 5.000 mAh, fast cahrging SuperVOOC 100 watt
Kartu SIM dan konektor dual SIM, USB Type-C
NFC dan Biometrik NFC, in-display fingerprint scanner, face unlock
Fitur pendukung 5G, dual stereo speaker, Bluetooth 5.3, anti-debu dan air dengan rating IP68
Sistem operasi Android 13, ColorOS 13.1
Warna Black, Green, Brown
Harga

Oppo Find X6 Pro (12/256 GB): 5.999 yuan (Rp 13 jutaan)
Oppo Find X6 Pro (16/256 GB): 6.499 yuan (Rp 14,5 jutaan)
Oppo Find X6 Pro (16/512 GB): 6.999 yuan (Rp 15,6 jutaan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com