Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Inikah Wujud Samsung Galaxy A25 5G?

Kompas.com - 30/06/2023, 18:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Giz Next

KOMPAS.com - Samsung sudah resmi merilis smartphone dari keluarga A-series, yakni Galaxy A24 pada Mei 2023 lalu. Kemungkinan, model penerusnya akan segera meluncur dalam waktu dekat.

Model tersebut kemungkinan akan memiliki nama Galaxy A25 dengan embel-embel "5G". Nah, bocoran Samsung Galaxy A25 5G kini mulai banyak beredar di internet. Salah satunya adalah bocoran render, yang diyakini merupakan desain dari Galaxy A25.

Memang, tidak disebutkan secara gamblang bahwa bocoran render itu adalah Galaxy A25 5G. Akan tetapi, desain render ponsel tersebut mirip dengan Galaxy A24 yang rilis bulan Mei lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy A24: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Misal pada bagian punggung, perangkat dilengkapi tiga buah sensor kamera yang dibenamkan langsung ke cangkang. Ketiga kamera juga ditemani lampu kilat LED. Sementara itu, di bagian bawah tengah, terdapat tulisan “Samsung” berwarna putih transparan.

Bocoran desain depan dan belakang dari Samsung Galaxy A25OnLeaks Bocoran desain depan dan belakang dari Samsung Galaxy A25

Sementara itu, layar depannya terdapat poni waterdrop ala Samsung yang diberi nama “Infinity U” untuk menampung kamera selfie. Sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizNext, Jumat (20/6/2023), layar ponsel konon berpanel LCD 6,4 inci dan menawarkan resolusi Full HD Plus.

Bocoran tersebut juga mengungkapkan bahwa bodi perangkatakan memiliki ukuran 162 mm (tinggi) x 77,5 mm (lebar) x 8,3 mm (ketebalan). Ukurannya sedikit lebih kecil dibanding pendahulunya yang memiliki tinggi 16,2 mm x 77,6 mm x 8,3 mm.

Render tersebut juga hanya menunjukkan satu varian warna saja, yakni Hitam. Jadi, belum dapat diketahui varian warna apa saja yang bakal ditawarkan Samsung untuk model ini.

Merujuk pada pendahulunya, Samsung A24 menawarkan tiga opsi warna, yakni Black, Silver, dan Light Green.

Selain desain, rumor yang beredar menyebut bahwa Galaxy A25 kemungkinan akan memiliki tombol daya yang juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari (fingerprint), sebagai sistem keamanan perangkat. Perangkat juga disebut akan dibekali colokan jack audio 3,5 mm di bagian bawah.

Baca juga: Sama-sama Harga Rp 3 Jutaan, Ini 4 Peningkatan Samsung Galaxy A24 dari Galaxy A23

Melansir Giz Next, Galaxy A25 bakal mendukung konektivitas 5G. Kemungkinan fitur tersebut akan menjadi salah satu peningkatan yang dibawa oleh Samsung A25 dari pendahulunya. Sebab, Galaxy A24 masih mendukung jaringan yang mentok di 4G.

Jika prediksi ini benar, Galaxy A25 tampaknya juga akan ditenagai oleh chipset khusus yang mendukung konektivitas 5G.

Secara keseluruhan, terutama soal desain, Galaxy A25 tidak terlalu membawa perubahan yang signifikan dari pendahulunya. Rincian spesifikasi lain, seperti konfigurasi kamera, chipset, baterai, dan lainnya pun belum diumbar lebih lanjut.

Nah, karena sifatnya masih rumor, kebenaran dari informasi di atas masih belum dapat dipastikan. Pihak Samsung belum memberikan pernyataan resmi soal peluncuran maupun spesifikasi Galaxy A25 5G. Namun, perangkat ini diyakini bakal meluncur di akhir tahun 2023 atau awal 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com