Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Setting Streaming di Samsung Galaxy A34 5G Agar Nonton Lebih Nyaman

Kompas.com - 27/06/2023, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Streaming film atau serial televisi melalui smartphone merupakan aktivitas yang makin digemari oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini terungkap dalam laporan perusahaan media asal Inggris, We Are Social, yang bertajuk "Digital 2023: Indonesia".

Berdasarkan laporan bulan Januari 2023 tersebut, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu 2 jam 53 menit untuk menonton tayangan streaming, tumbuh 1,8 persen year-over-year (YoY).

Agar kegiatan menonton lebih nyaman dan imersif, biasanya pengguna dianjurkan untuk mencari smartphone dengan layar yang luas.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia

Salah satu ponsel yang mendukung layar luas adalah Samsung Galaxy A34 5G, yang dirilis pada pertengahan Maret 2023 di Tanah Air. Diketahui bahwa gawai mid-range ini dibekali panel 6,6 inci yang luas dengan rasio aspek 19.5:9.

Selain layar yang mumpuni, terdapat sejumlah tips lain yang bisa membuat kegiatan streaming di ponsel makin nyaman, terlebih lagi jika pengguna memakai ponsel Galaxy A34 5G. Berikut tips selengkapnya.

1. Atur tingkat kecerahan

Perbedaan tampilan layar dengan Vision Booster (kanan) dan tanpa Vision Booster (kiri)Samsung Perbedaan tampilan layar dengan Vision Booster (kanan) dan tanpa Vision Booster (kiri)
Tidak hanya ukuran, sebenarnya aspek kualitas, kenyamanan, dan kecerahan layar juga penting untuk diperhatikan, agar kegiatan streaming menjadi semakin menyenangkan.

Dari segi kualitas dan kenyamanan, Samsung menghadirkan layar Super AMOLED untuk menyajikan tampilan yang jernih dan kaya warna.

Rasio aspek 19.5:9 diklaim membuat tontonan bersifat lebih sinematik, sedangkan refresh rate 120 Hz membuat konten di layar terlihat lebih mulus.

Kemudian untuk aspek kecerahan layar, Galaxy A34 5G dilengkapi panel dengan tingkat brightness maksimum 1.000 nits.

Untuk mengatur tingkat kecerahan layar, pengguna perlu menuju ke "Settings" > "Display" > "Brightness", kemudian geser slider ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar. Sebaliknya, geser slider ke kiri untuk membuat layar semakin redup.

Masih soal kecerahan, pengguna juga bisa mengandalkan "Vision Booster", yakni fitur yang bisa memaksimalkan rasio kontras agar warna konten terlihat lebih hidup, meski di bawah sinar matahari atau sumber cahaya terang lainnya. Fitur ini sebelumnya hadir di smartphone flagship Galaxy S22 series.

Vision Booster juga diklaim bisa menghasilkan layar 25 persen lebih terang ketimbang pendahulunya.

Adapun fitur ini diaktifkan secara otomatis ketika perangkat mendeteksi lingkungan dengan cahaya yang tinggi. Karena bersifat otomatis, Vision Booster tidak bisa dinyalakan atau dimatikan secara manual.

Perlu dicatat, fitur ini bisa digunakan jika pengguna sudah mengaktifkan kecerahan layar adaptif. Untuk mengaktifkannya, pengguna mesti membuka menu "Settings" > "Display"> "Adaptive brightness".

Baca juga: Layar Galaxy S22 Tetap Cerah di Bawah Terik Matahari Berkat Vision Booster

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com