Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Layar Samsung Galaxy A54 5G Tetap Jelas dan Terang di Bawah Terik Matahari

Kompas.com - 27/06/2023, 15:09 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Saat menggunakan smartphone di luar ruangan dengan terik matahari yang begitu menyengat, layar ponsel terkadang tampak redup dan tidak terlihat jelas.

Hal ini kadang membuat jengkel pengguna, apalagi jika butuh melihat layar untuk waktu yang penting sesegera mungkin. Nah, hal ini bisa diminimalisasi apabila Anda menggunakan Samsung Galaxy A54.

Sebab, ponsel tersebut bisa menampilkan layar yang jelas dan cerah, meskipun sedang digunakan di bawah terik matahari.

Dukungan itu dimungkinkan berkat hadirnya fitur Samsung Vision Booster. Fitur ini akan meningkatkan visibilitas tampilan dan reproduksi warna, dengan kontras yang tinggi.

Baca juga: Tips Foto Anti Ribet di Samsung Galaxy A54 5G Pakai Tools dan Settingan Bawaan

Bila Anda sering kali beraktivitas di luar ruangan atau di ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, fitur ini akan berguna menjaga kenyamanan Anda menatap layar ponsel.

Lantas, bagaimana cara kerja dan cara mengaktifkan Vision Booster di Galaxy A54 5G? Simak ulasannya.

Cara kerja Vision Booster

Mayoritas vendor smartphone meningkatkan cahaya layar ketika ponsel dipakai pengguna di lingkungan yang terpapar cahaya intens. Namun, menurut Samsung, cara ini tidak cukup untuk mengatasi paparan cahaya yang berlebih.

Karena itulah, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini menghadirkan fitur Vision Booster agar tampilan layar ponsel lebih optimal.

Untuk mengaktifkan Vision Booster, pengguna perlu menyalakan opsi kecerahan layar otomatis. Nah, ketika ponsel mendeteksi kondisi cahaya yang tinggi, algoritma Vision Booster akan menganalisis data layar guna memeriksa semua konten yang ditampilkan.

Pada saat yang sama, fitur ini juga menganalisis suhu cahaya sekitar pengguna menggunakan sensor cahaya ponsel.

Selanjutnya, Vision Booster menganalisis nilai setiap piksel layar hingga memetakan level yang berbeda untuk area gelap dan berwarna. Setelah itu, area yang gelap dibuat lebih cerah dan area yang berwarna diatur lebih berwarna.

Menurut Samsung, Vision Booster secara teknis memaksimalkan rasio kontras agar warna konten terlihat lebih hidup meskipun di bawah sinar matahari atau sumber cahaya terang lainnya.

Perbedaan tampilan layar dengan Vision Booster (kanan) dan tanpa Vision Booster (kiri)Samsung Perbedaan tampilan layar dengan Vision Booster (kanan) dan tanpa Vision Booster (kiri)

Meski reproduksi warna dalam kondisi itu mungkin tidak akurat, konten yang ditampilkan dengan fitur Vision Booster akan terlihat lebih jelas di mata pengguna.

Selain berkat fitur Vision Booster, tampilan tersebut juga didukung oleh panel layar OLED yang saat ini melengkapi aneka ponsel Samsung.Salah satunya Galaxy A54.

Samsung A54 dibekali layar dengan panel AMOLED berbentang 6,4 inci dengan tingkat kecerahan maksimal 1.000 nits. Dengan spesifikasi tersebut, melihat layar ponsel Samsung A54 di bawah matahari dengan mengaktifkan Vision Booster akan sangat membantu.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A54 di Indonesia

Cara mengaktifkan Vision Booster

Vision Booster hadir di sejumlah smartphone Samsung termasuk Galaxy A54 5G secara otomatis, khususnya ketika layar terpapar cahaya cukup tinggi. Jadi, fitur ini tidak bisa diaktifkan atau dimatikan secara manual, kecuali pengguna tidak menyalakan fitur kecerahan layar adaptif.

Bila Anda sudah mengaktifkan kecerahan layar adaptif, fitur Vision Booster juga aktif secara otomatis.

Adapun untuk mengaktifkan kecerahan layar adaptif, Anda bisa membuka menu pengaturan (Settings) > Layar (Display) > nyalakan tombol kecerahan adaptif (Adaptive brightness).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com