Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Parafrase Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 16/07/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam menyusun skripsi atau karya ilmiah akhir untuk pendidikan sarjana, terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan, salah satunya adalah membuat parafrase (bahasa baku: parafrasa) atas bahan bacaan atau referensi yang dipakai.

Di skripsi, parafrase atau parafrasa sendiri adalah aktivitas menulis ulang atau memaparkan kembali kalimat dari referensi yang hendak dipakai, dengan pemahaman dan gaya bahasa sendiri tanpa mengubah substansi di dalamnya.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Parafrase biasanya dilakukan ketika pengguna hendak membuat kalimat kutipan tidak langsung dari bahan bacaan yang dipakai. Untuk bisa melakukan parafrase, pengguna perlu memahami dulu referensi yang hendak dikutip sebelum ditulis ulang dalam skripsi.

Parafrase skripsi mungkin bisa menjadi pekerjaan yang cukup sulit. Sebab, selain harus memahami dulu, dalam parafrase skripsi, pengguna juga perlu menuliskan kembali kalimat dari referensi dengan kreativitas dan gaya bahasanya sendiri tanpa mengubah substansi.

Meski bisa dibilang cukup sulit, tetapi ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu dalam parafrase skripsi, yaitu menggunakan Chat GPT.

Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT adalah program Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model yang bisa menjawab dan menanggapi berbagai macam pertanyaan atau perintah pengguna.

Lewat kemampuan itu, pengguna bisa memerintahkan ChatGPT untuk parafrase referensi yang hendak dipakai dalam skripsi. Lantas, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk parafrase skripsi?

Cara menggunakan Chat GPT untuk parafrase skripsi itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyiapkan dulu kalimat referensi yang hendak diparafrase. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara parafrase skripsi dengan Chat GPT.

Cara parafrase skripsi dengan Chat GPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan masukkan kalimat tertentu dari referensi dan ketik prompt atau teks perintah pada Chat GPT untuk melakukan parafrase padanya.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan hasil parafrase dari kalimat tersebut
  • Chat GPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan, yang dalam hal ini adalah parafrase.
  • Bila pengguna kurang puas dengan parafrase yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lainnya dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara parafrase skripsi dengan Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara parafrase skripsi dengan Chat GPT.

Itulah cara parafrase skripsi dengan Chat GPT. Untuk diketahui, supaya bisa menghasilkan parafrase yang sesuai keinginan, pengguna perlu memasukkan prompt Chat GPT dengan tepat dan detail.

Dengan teks perintah yang detail, Chat GPT bakal lebih mudah untuk parafrase kalimat yang sesuai keinginan. Adapun contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai buat parafrase skripsi adalah sebagai berikut.

Contoh prompt Chat GPT buat parafrase skripsi

  • Tolong parafrase kalimat ini dengan gaya formal, “isi dengan kalimat”.
  • Buatkan parafrase dari kalimat ini dengan bahasa yang cocok digunakan pada skripsi, “isi dengan kalimat”.
  • Tolong parafrase kalimat ini dengan bahasa akademis dan mudah untuk dipahami, “isi dengan kalimat”.

Itulah beberapa contoh prompt Chat GPT yang bisa dipakai untuk parafrase skripsi. Pengguna tak wajib mengikuti sama persis contoh tersebut. Pengguna dapat menyusun sendiri kata-kata prompt Chat GPT, yang terpenting adalah informasinya detail.

Kemampuan Chat GPT dalam menanggapi berbagai perintah ini dapat memudahkan pengguna untuk menyusun skripsi. Namun, dalam kemudahan tersebut, Chat GPT pada dasarnya punya keterbatasan.

Oleh karena itu, pengguna penting untuk memahami keterbatasan Chat GPT agar dapat menggunakannya dengan tepat dan bijak. Penjelasan mengenai keterbatasan ChatGPT bisa dilihat di bawah ini.

Keterbatasan ChatGPT

ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, dalam menyusun skripsi, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan Chat GPT,

Informasi yang disajikan Chat GPT sangat disarankan hanya dipakai sebagai contoh atau bahan mentah untuk menyusun skripsi. Pengguna harus senantiasa memeriksa atau memverifikasi kembali validitas informasi yang disajikan Chat GPT.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Kemudian, untuk diketahui pula, ChatGPT punya keterbatasan dalam segi pemahaman informasi atau peristiwa di konteks waktu tertentu. ChatGPT saat ini hanya dibekali pemahaman informasi sampai 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com