Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Bisa Dicoba, Ini Cara Download dan Daftar Aplikasi GoPay yang Terpisah dari Gojek

Kompas.com - 21/07/2023, 10:40 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna sekarang sudah bisa mengunduh atau download GoPay yang terpisah dari Gojek. Untuk diketahui, GoPay merupakan alat pembayaran yang sebelumnya hanya tersedia menjadi satu dengan aplikasi Gojek.

Sejak Mei lalu, pengelola layanan GoPay, GoTo Financial yang merupakan unit bisnis dari PT GoTo Gojek Tokopedia sudah mengumumkan rencana merilis aplikasi GoPay yang terpisah dari Gojek.

Baca juga: Cara Top Up Saldo GoPay Lewat M-Banking/Internet Banking BCA

Aplikasi GoPay yang berdiri sendiri diluncurkan untuk menjangkau lebih banyak pengguna di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia. Pada 10 Juli 2023, aplikasi GoPay yang terpisah dari Gojek sudah bisa dicoba secara terbatas bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi.

Kini, aplikasi dompet digital itu tampaknya sudah bisa dicoba oleh semua pengguna. Bila tertarik untuk menggunakannya, pengguna bisa download GoPay dengan langkah-langkah yang tertera di bawah ini.

Cara download GoPay

  • Bila menggunakan HP Android, cara download GoPay bisa dilakukan di toko aplikasi Google Play Store melalui tautan ini.
  • Bila menggunakan iPhone, cara download GoPay bisa dilakukan di toko aplikasi App Store melalui tautan ini.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, aplikasi GoPay yang terpisah dari Gojek di kedua toko aplikasi tersebut hadri dengan nama “GoPay versi Perdana”. Di Google Play Store, aplikasi GoPay hadir dalam versi 1.4.0 dan berukuran 24 MB.

Sementara itu, di App Store, aplikasi GoPay hadir dalam versi 1.2.2 dengan ukuran 104,7 MB. Di kedua toko aplikasi tersebut, pengguna bisa download GoPay yang terpisah dari Gojek secara gratis.

Cara daftar GoPay

Ilustrasi cara daftar GoPay.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara daftar GoPay.

Setelah mengunduh, pengguna bisa lanjut untuk daftar akun pada aplikasi GoPay yang berdiri sendiri itu. Cara daftar GoPay cukup mudah. Pengguna bisa memakai akun nomor telepon yang sebelumnya sudah terdaftar di Gojek untuk daftar GoPay.

Proses daftar GoPay setelah memasukkan nomor telepon, pengguna bakal mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun. Kemudian, pengguna akan diminta pula membuat PIN keamanan saat transaksi. Selesai membuat PIN, aplikasi GoPay pun bisa diakses.

Baca juga: Jangan Salah, Begini Cara Memberi Rating Restoran dan Driver di Grab serta Gojek

Layanan keuangan di aplikasi GoPay

Jika sudah punya akun, pengguna bakal bisa mengakses semua layanan GoPay. Berdasarkan percobaan KompasTekno, layanan keuangan di aplikasi GoPay yang berdiri sendiri ini bisa dibilang mirip dengan layanan GoPay di Gojek.

Di aplikasi GoPay yang terpisah dari Gojek, pengguna juga bisa mengisi ulang saldo, menyimpan saldo, dan mengirim atau transfer saldo. Layanan transfer saldo yang terdapat di aplikasi GoPay mirip dengan layanan GoPay di Gojek.

Pengguna juga bisa transfer saldo yang tersimpan di aplikasi GoPay ke rekening bank dan akun GoPay lain. Selain itu, pengguna bisa melakukan tarik tunai saldo GoPay di mesin ATM salah satu bank swasta Indonesia.

Tampilan layanan keuangan di aplikasi GoPay (kiri) yang mirip dengan layanan GoPay di aplikasi Gojek (kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan layanan keuangan di aplikasi GoPay (kiri) yang mirip dengan layanan GoPay di aplikasi Gojek (kanan).

Selain pengelolaan saldo, layanan pembayaran yang tersedia di aplikasi GoPay juga mirip dengan layanan GoPay di Gojek. Di aplikasi GoPay yang berdiri sendiri, pengguna bisa membeli pulsa dan membayar berbagai jenis tagihan, seperti BPJS, listrik PLN, dan PDAM.

Perusahaan belum menjelaskan perbedaan layanan GoPay dari aplikasi independen dengan GoPay yang ada di aplikasi utama Gojek. Namun biasanya, terdapat beberapa yang fitur hanya bisa dijalankan pada aplikasi terpisah.

Meski belum diketahui secara jelas perbedaannya, aplikasi GoPay yang berdiri sendiri ini menawarkan beberapa benefit ke pengguna. Dikutip dari laman resmi GoPay, benefit tersebut meliputi gratis transfer serta harga spesial pembelian pulsa dan aneka tagihan.

Baca juga: Cara Tarik Tunai GoPay Tanpa Kartu di ATM BCA

Kemudian, sebagai informasi tambahan, kehadiran aplikasi GoPay yang berdiri sendiri ini tidak lantas menghilangkan layanan GoPay di aplikasi Gojek. Pengguna saat ini masih bisa menjumpai layanan GoPay di aplikasi Gojek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com