Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Chatting di Gojek, Bisa Seperti di WhatsApp

Kompas.com - 22/06/2023, 10:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah di Gojek bisa chatting? Untuk diketahui, aplikasi Gojek punya fitur utama berupa pemesanan makanan dan transportasi kendaraan. Akan tetapi, selain fitur tersebut, Gojek sejatinya juga dapat dimanfaatkan untuk berkirim pesan atau chatting.

Chat di Gojek tidak hanya berlaku dari pengguna ke pengemudi (driver), tetapi pengguna juga bisa kirim pesan ke kontak atau nomor telepon orang lain yang telah disimpannya. Secara pengoperasian, fitur ini bisa dibilang mirip dengan chat di aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Ramai Pengguna Bagikan Total Transaksi Gojek Tembus Ratusan Juta, Begini Cara Ceknya

Jadi, pengguna bisa membuat ruang obrolan dengan kontak yang disimpannya. Setelah itu, pengguna dapat mulai berkirim pesan secara online ke ruang obrolan atas nama kontak tertentu, dengan sensasi chatting mirip di aplikasi WhatsApp.

Sama seperti di WhatsApp, chat di Gojek juga punya tanda pesan telah dibaca. Bentuk tanda pesan telah dibaca di chat Gojek berupa centang satu dan centang dua. Centang satu berarti pesan terkirim, tetapi belum dibaca penerima.

Sedangkan centang dua, artinya pesan terkirim dan sudah dibaca penerima. Fitur chat di Gojek sejatinya sudah lama tersedia. Namun, fitur tersebut tampaknya menjadi ramai diperbincangkan warganet belakangan ini.

Fitur chat di Gojek ini mungkin masih belum banyak diketahui banyak orang. Menurut keterangan Gojek, fitur chat pada dasarnya sudah tersedia mulai di aplikasi Gojek versi 3.23 atau yang lebih baru. Lantas, bagaimana cara chat di Gojek?

Cara chatting di Gojek bisa dilakukan dengan mudah melalui menu “Chat” yang tersedia di aplikasi. Bila tertarik untuk mencobanya juga, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara chatting di Gojek.

Cara chatting di Gojek

  • Buka aplikasi Gojek versi terbaru di ponsel dan pastikan telah login akun.
  • Setelah terbuka, pilih menu “Chat” yang berada pojok kanan bawah halaman awal aplikasi.
  • Setelah itu, klik ikon tambah. Bila belum pernah chat di Gojek, pengguna bakal diminta untuk mengizinkan aplikasi mengakses kontak di ponsel. Izinkan permintaan akses kontak tersebut.
  • Setelah diberi izin, aplikasi Gojek bakal memuat daftar kontak pengguna.
  • Pilih salah satu kontak dari daftar tersebut dan ruang obrolan bakal terbuka.
  • Pada ruang obrolan itu, silakan ketik dan kirim pesan sesuai keinginan ke kontak yang telah dipilih tadi.
  • Selain pesan, pengguna juga bisa kirim foto dan gambar dari kamera atau galeri ponsel, ke kontak di ruang obrolan Gojek.

Ilustrasi cara chatting di Gojek.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara chatting di Gojek.

Cukup mudah cara chatting di Gojek? Untuk diketahui, layanan chat di Gojek bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Pengguna juga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lain. Sebab, fitur chat telah terintegrasi menjadi satu bagian dalam aplikasi Gojek.

Setelah berkirim pesan, pengguna dapat melihat semua daftar obrolannya dengan kontak di aplikasi Gojek pada menu “Chat”. Chat pengguna dengan pengguna lain di aplikasi Gojek tidak akan hilang secara otomatis.

Baca juga: 2 Cara Naik KRL Tanpa Kartu, Pakai Aplikasi LinkAja dan Gojek

Mekanisme berkirim pesan lewat menu “Chat” tersebut berbeda dengan berkirim pesan antara pengguna dan driver untuk memesan makanan atau transportasi. Pesan antara pengguna dan driver itu bakal hilang saat pemesanan telah selesai.

Sementara itu, pesan pengguna pada menu “Chat” bakal tetap tersedia dan bisa diakses kapan pun sama seperti di aplikasi WhatsApp. Demikianlah penjelasan mengenai cara chatting di Gojek, selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com