Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Bisa Dicoba, Begini Tampilan Aplikasi GoPay yang Terpisah dari Gojek

Kompas.com - 21/07/2023, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi GoPay standalone atau yang terpisah dari aplikasi utama Gojek, sudah mulai bisa dicoba. Berdasarkan percobaan KompasTekno, aplikasi ini sudah tersedia dan bisa diunduh melalui toko aplikasi resmi Google Play Store (Android) dan Apple App Store (Apple).

Di kedua toko itu, aplikasi ini bernama "GoPay Versi Perdana", dikembangkan oleh PT GoTo Gojek Tokopedia. Di PlayStore, aplikasi GoPay berukuran 24 MB, sedangkan Apple App Store sebesar 104,7 MB.

Meskipun sudah bisa diunduh, aplikasi GoPay ini baru bisa dicoba pengguna di beberapa daerah tertentu saja. Setelah bisa mengunduh, pengguna di beberapa daerah "beruntung" bisa memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di Gojek untuk akun GoPay.

Baca juga: Aplikasi GoPay yang Terpisah dari Gojek Sudah Bisa Dicoba

Cukup masukkan nomor ponsel tersebut di kolom pada halaman awal. Apabila belum memiliki akun Gojek, pengguna bisa melakukan pendaftaran lebih dulu.

Ilustrasi aplikasi GoPayKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi aplikasi GoPay

Desain

Nah, usai proses login atau daftar selesai, pengguna bakal masuk ke halaman utama. Tampilan antarmuka (user interface) yang dimiliki aplikasi GoPay cukup berbeda dengan aplikasi Gojek.

Dikarenakan aplikasi baru ini hanya berfokus pada fitur transaksi atau pembayaran saja. Akan tetapi, keduanya masih mengadopsi bahasa desain atau rancangan nuansa yang sama.

Tampilan halaman muka aplikasi GoPay dan beberapa fitur tagihan dan pembayaran yang lainKOMPAS.com/Yudha Pratomo Tampilan halaman muka aplikasi GoPay dan beberapa fitur tagihan dan pembayaran yang lain

Pada halaman muka aplikasi GoPay, aplikasi ini didominasi oleh warna putih dan hijau untuk mode terang. Sedangkan untuk mode gelap, dominasi warna putih akan berubah menjadi hitam.

Aplikasi GoPay juga memakai jenis font yang serupa dengan aplikasi Gojek. Di bagian halaman utama, pengguna bisa langsung melihat sisa saldo GoPay di kolom paling atas.

Pengguna juga dapat memilih apakah ingin menampilkan saldo GoPay atau menyembunyikannya. Apabila ingin menyembunyikan nominal saldo, pengguna bisa klik ikon mata di samping saldo.

Sementara itu, apabila ingin menambah saldo GoPay, Anda bisa mengeklik ikon tambah (plus) di samping nominal saldo. Kemudian, di bawah kolom saldo juga terdapat informasi nominal uang digital yang sudah dikeluarkan selama satu bulan terakhir, misalnya saja pengeluaran per Juli 2023.

Fitur pembayaran yang lebih banyak

Pengguna juga bisa memanfaatkan sejumlah fitur seperti transfer saldo GoPay, melakukan sejumlah pembayaran, tagihan, dan riwayat transaksi. Di fitur transfer, pengguna dapat transfer saldo GoPay melalui bank, memindari kode QR, transfer ke sesama pengguna GoPay, hingga menarik tunai.

Proses penarikan tunai ini dapat dilakukan di salah satu bank swasta di Tanah Air. Namun, terdapat biaya admin yang harus ditangguhkan ke pengguna.

Baca juga: Cara Beli Tiket MRT Jakarta via Blu BCA, Mulai 1 Juli Tak Bisa Pakai OVO atau Gopay

Fitur pembayaran yang didukung oleh GoPay terdiri dari transfer saldo GoPay, melakukan pembayaran tagihan, berlangganan streaming, membeli voucher game, dan masih banyak lagiKOMPAS.com/Yudha Pratomo Fitur pembayaran yang didukung oleh GoPay terdiri dari transfer saldo GoPay, melakukan pembayaran tagihan, berlangganan streaming, membeli voucher game, dan masih banyak lagi

Beralih ke halaman tagihan dan pembayaran yang lain, pengguna dapat melakukan transaksi untuk pembelian pulsa dan paket data. Paket data tersedia untuk operator Telkomsel, Tri, Indosat, XL, Smartfren, hingga Axis.

Kemudian, pembayaran tagihan yang tersedia adalah PLN, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), TV kabel dan internet, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), PGN Gas, asuransi, angsuran kredit, pajak daerah, pegadaian, biaya pendidikan, zakat dan donasi, dan masih banyak lagi.

Menariknya, pengguna juga dimungkinkan melakukan transaksi pembelian voucher game juga. Platform game yang tersedi adalah Google Play Credit, Garena, Unipiri, Razer Gold, Steam, Megaxux Mi-Cash, Playwith, Wavegame.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com