Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Stiker WhatsApp Langsung di Aplikasi yang Lagi Ramai di Medsos

Kompas.com - 17/04/2024, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X, tengah ramai unggahan yang menunjukkan bahwa sekarang pengguna bisa membuat stiker langsung di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA.

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik pula untuk mengetahui cara membuat stiker WhatsApp langsung di aplikasi, sebagaimana yang tengah ramai di medsos.

Baca juga: Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

Untuk diketahui, keramaian soal stiker WA yang bisa dibuat langsung di aplikasi salah satunya muncul lewat twit dari akun base dengan handle @tanyarlfes.

Dalam twit tersebut, pengirim meminta pengguna lain untuk membagikan stiker WA buatan masing-masing. Kemudian, pengirim juga menyertakan tangkapan layar fitur baru di WhatsApp yang memungkinkan untuk membuat stiker.

Fitur baru itu tampak termuat dalam tombol “Create”. Sebagaimana yang tengah ramai di medsos, WhatsApp saat ini memang memiliki fitur yang memungkinkan pengguna membuat stiker langsung di aplikasi.

Lantas, bagaimana cara membuat stiker WhatsApp langsung di aplikasi? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat stiker WA langsung di aplikasi.

Cara membuat stiker WA langsung di aplikasi

Cara membuat stiker WA langsung di aplikasi itu pada dasarnya cukup mudah. Sebagai informasi, sebelum fitur baru ini hadir, untuk membuat stiker, pengguna dulu harus menggunakan aplikasi tambahan seperti Sticker.ly.

Sekarang, pengguna tak perlu repot memakai aplikasi tambahan untuk membuat stiker WhatsApp. Pengguna saat ini bisa membuat stiker langsung di aplikasi WhatsApp dari gambar atau foto yang terdapat di galeri HP.

Baca juga: Ramai Tes Cosmos Persona buat Cek Karakter Diri dari Benda Antariksa, Ini Link dan Caranya

Pembuatan stiker WhatsApp langsung di aplikasi bisa diakses melalui tombol “Create”. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat stiker WhatsApp langsung di aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan di WhatsApp iPhone.
  • Selanjutnya, klik ikon stiker yang berada di sebelah kanan kolom pengetikan chat.
  • Setelah itu, bakal muncul jendela daftar stiker WA.
  • Pada jendela tersebut, klik menu "Create" untuk mulai membuat stiker.
  • Kemudian, pilih gambar atau foto dari galeri iPhone untuk dijadikan stiker WA.
  • WhatsApp bakal secara otomatis menyeleksi objek di foto atau gambar tersebut untuk dijadikan stiker.
  • Setelah itu, halaman pembuatan stiker WA bakal terbuka.
  • Pada halaman tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa pengeditan pada stiker, seperti menambahkan stiker, teks, dan goresan.
  • Selesai mengedit, pengguna dapat mengirim stiker WA buatan sendiri itu ke ruang obrolan.
  • Stiker WA buatan sendiri itu akan tersimpan pula dalam daftar stiker.

Cara membuat stiker WA langsung di aplikasi.Kompas.com/Lely Maulida Cara membuat stiker WA langsung di aplikasi.

Selesai membuat stiker, pengguna kini juga bisa mengeditnya. Jadi, pengguna bisa mengatur kembali tampilan stiker WhatsApp yang telah dibuatnya. Adapun cara mengedit stiker WhatsApp langsung di aplikasi adalah sebagai berikut.

Cara mengedit stiker WA langsung di aplikasi

  • Buka ruang obrolan di WhatsApp.
  • Selanjutnya, klik ikon stiker yang berada di sebelah kanan kolom pengetikan chat.
  • Setelah itu, bakal muncul jendela daftar stiker WA.
  • Pada jendela tersebut, cari dan pilih stiker WA yang hendak diedit.
  • Kemudian, ketuk dan tahan stiker WA tersebut hingga muncul jendela menu baru.
  • Pilih menu “Edit Sticker” dan halaman pengeditan stiker WA bakal terbuka.
  • Pada halaman tersebut, pengguna bisa menambahkan stiker, teks, dan goresan, pada stiker yang telah dibuat.
  • Selesai mengedit, pengguna bisa mengirim stiker ke ruang obrolan dan bakal tersimpan dalam daftar stiker WA.

Ilustrasi cara mengedit stiker WA langsung di aplikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengedit stiker WA langsung di aplikasi.

Cukup mudah bukan cara membuat stiker WhatsApp langsung di aplikasi? Perlu diketahui, fitur pembuatan stiker WhatsApp langsung di aplikasi sejatinya telah dirilis sejak Januari kemarin. Namun, saat itu, fitur tersebut hanya tersedia untuk aplikasi WhatsApp di iPhone.

Fitur baru ini sudah tersedia sejak di WhatsApp iOS versi 23.25.85. Kini, fitur pembuatan stiker WhatsApp langsung di aplikasi tampaknya telah dirilis lebih luas lagi. Tak hanya iPhone, pengguna WhatsApp Android sekarang juga kebagian fitur baru tersebut.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur pembuatan stiker WhatsApp langsung di aplikasi sendiri sudah muncul di aplikasi WhatsApp Android di Tanah Air. Beberapa di antaranya yaitu di WhatsApp Android versi 2.24.6.77 dan versi 2.24.7.81.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara dengan Mudah, Jangan Panik

Jika belum mendapatkan fitur ini, pengguna bisa mencoba bersabar sejenak karena kemungkinan masih digelontorkan secara bertahap. Selain itu, pengguna juga bisa mencoba untuk memperbarui versi aplikasi WhatsApp.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat stiker WhatsApp langsung di aplikasi dengan mudah dan praktis, seperti yang ramai di medsos, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com