Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel "Veronika" Kini Pakai Teknologi ChatGPT

Kompas.com - 24/07/2023, 12:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel memperbarui aplikasi MyTelkomsel ke versi 7.0.0 pada Jumat (21/7/2023) kemarin. 

Dalam pembaruan ini, operator pelat merah tersebut merombak total desain aplikasi tersebut, sekaligus menambahkan beberapa menu baru, termasuk menu untuk mengelola layanan IndiHome dan paket internet anyar Telkomsel One. 

Di samping desain menu baru, aplikasi tersebut juga kini hadir dengan peningkatan fitur customer service (CS) digital MyTelkomsel yang biasanya dipanggil dengan julukan Veronika

Kini, Veronika ditenagai dengan teknologi yang turut menopang chatbot populer bikinan OpenAI, yaitu ChatGPT.

Baca juga: Daftar Harga Telkomsel One, Paket Internet IndiHome dan HP Sekaligus

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Sigit menjelaskan kehadiran ChatGPT di Veronika merupakan hasil kolaborasi dari divisi Microsoft yang mengurus teknologi kecerdasan buatan (AI), yaitu Azure AI.

"Kehadiran ChatGPT di Veronika membuat dia lebih hidup, lebih pintar, serta bisa menjawab berbagai pertanyaan pelanggan dengan lebih humanis dan manusiawi," ujar Sigit kepada KompasTekno dalam peluncuran Telkomsel One di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (28/7/2023).

Selain itu, Sigit juga menyebut bahwa dengan ChatGPT, Veronika kini lebih ekspresif. Sebab, ia disebut bisa memberikan sejumlah emotikon yang sesuai dengan suasana percakapan antara pelanggan dan Veronika. 

Jika suasana gembira, misalnya, Veronika bisa memberikan emotikon bahagia alias smiley, serta beberapa emotikon lainnya. Kemudian, Veronika juga bisa diajak berbicara di luar topik produk atau layanan yang berkaitan dengan Telkomsel. 

Ilustrasi Veronika versi terbaru yang sudah ditenagai ChatGPT ketika kami curhat tentang kesedihan.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Veronika versi terbaru yang sudah ditenagai ChatGPT ketika kami curhat tentang kesedihan.

Nah, KompasTekno sempat menjajal bercakap-cakap dengan Veronika di aplikasi MyTelkomsel versi terbaru. 

Kami mencoba untuk "curhat" bahwa kami sedang sedih, dan kami meminta Veronika untuk merekomendasikan kegiatan supaya kami terhibur dan tidak sedih lagi.

Hasilnya, Veronika ternyata ikutan sedih dan ia bisa merekomendasikan apa yang kami minta, yaitu tontonan yang menghibur. 

Baca juga: Telkomsel One Meluncur, IndiHome dan Orbit Tidak ke Mana-mana

Dengan pengalaman seperti ini, Sigit berharap Veronika yang dibekali dengan teknologi ChatGPT bisa membuat pelanggan nyaman ketika bertanya terkait produk dan layanan yang dimiliki oleh Telkomsel. 

"Versi baru Veronika ini kami harap bisa membuat pelanggan lebih dekat, serta merasakan pengalaman CS yang interaktif dan lebih memahami pelanggan, kapanpun dan dimanapun mereka berada," pungkas Sigit.

Untuk mencoba fitur Veronika yang sudah ditenagai dengan ChatGPT, pelanggan harus mengunduh versi terbaru MyTelkomsel di toko aplikasi Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iOS/iPhone).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com