Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Watch 6 dan Watch 6 Classic di Indonesia

Kompas.com - 28/07/2023, 18:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung meluncurkan lini arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Galaxy Watch 6 series dalam acara "Galaxy Unpacked 2023" di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).

Ada dua model arloji pintar yang dirilis, yakni Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic. Kedua model ini menghadirkan spesifikasi dan fitur yang hampir sama. Perbedaan antara keduanya terletak di bagian desain dan ukuran.

Namun, baik Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic keduanya sama-sama fokus pada fitur kesehatan bagi pengguna, terutama pada kualitas tidur.

Duo arloji pintar ini dibekali fitur unggulan bernama "Sleep Management". Dengan fitur ini, smartwatch bisa mendeteksi kualitas tidur pengguna, disertai dengan laporan yang mendalam.

Kualitas tidur yang diperhatikan adalah light sleep, deep sleep, hingga Rapid Eye Movement (REM).

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Tab S9 Series dan Galaxy Watch 6 Series di Indonesia, Ada Bonus hingga Rp 5 Juta

Selain kualitas tidur, Galaxy Watch 6 series juga melatih dan memberi motivasi kepada penggunanya agar bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi. Motivasi ini dilakukan dengan mendeteksi kualitas tidur harian dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi akan mencatat dengan lengkap durasi tidur, aspek kualitas tidur mana yang dianggap masih kurang, dan pemberian skor. Semakin baik kualitas tidurnya, semakin baik pula skor yang diperoleh.

Galaxy Watch 6 series juga berfokus pada aktivitas olahraga. Jenis olahraga yang ditawarkan lebih beragam dibanding pendahulunya. Dan juga, perangkat diklaim lebih pintar karena dapat mendeteksi beberapa olahraga yang berbeda sekaligus.

Smartwatch besutan Samsung ini pun bisa melakukan penyesuaian dari jenis olahraga yang dilakukan, mendeteksi detak jantung, hingga memantau electrocardiogram (ECG). Dengan fitur ini, smartwatch membantu pengguna terhindar dari penyakit jantung.

Fitur lainnya mencakup pemantauan kadar oksigen dalam darah, siklus menstruasi untuk pengguna wanita, serta pengecekan tekanan darah. Catatannya, fitur memantau siklus haid belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: Pengguna Pixel Watch dan Galaxy Watch Bisa Pakai WhatsApp seperti di HP

Ada pula kemampuan untuk mengunduh sejumlah aplikasi seperti Gmail, Google Calendar, WhatsApp, MyFitness Pall, dan Peloton. Arloji pintar bisa terintegrasi langsung dengan smartphone samsung, seperti Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Spesifikasi Galaxy Watch 6

Galaxy Watch 6 series model 40 mm (kiri) dan 44 mm (kanan)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Galaxy Watch 6 series model 40 mm (kiri) dan 44 mm (kanan)
Galaxy Watch 6 versi "reguler" memiliki dua ukuran yang berbeda, yakni diameter 40 mm dan 44 mm. Model 40 mm memiliki ukuran layar 33,3 mm dan bobot 28,7 gram.

Di sisi lain, model 44 mm mengusung layar 37,3 mm dengan bobot 33,3 gram.

Untuk daya, arloji pintar berbahan Armor Aluminum ini ditopang baterai berkapasitas 300 mAh (model 40 mm) dan 425 mAh (model 44 mm). Samsung mengeklaim baterai ini bisa bertahan hingga 40 jam.

Ada dukungan fitur pengisian cepat, tetapi Samsung tidak menyebutkan berapa output-nya. Yang jelas, baterai bisa terisi hingga 45 persen dalam waktu 30 menit.

Galaxy Watch 6 dibekali fitur ketahanan 5 ATM, sehingga smartwatch ini tahan tekanan setara kedalaman 50 meter di bawah air. Smartwatch ini juga mengantongi sertifikat anti air dan debu dengan rating IP68.

Secara desain, Galaxy 6 Watch hadir dengan bingkai (bezel) yang jauh lebih tipis dibanding pendahulunya.

Baca juga: Pasar Smartwatch Global Tumbuh 30 Persen, India Terbesar di Dunia

Samsung mengeklaim jajaran smartwatch terbaru ini punya ukuran layar 20 persen lebih besar dari pendahulunya, yang menawarkan pengalaman layar lebih mulus dan stabil.

Tak hanya itu, layar Galaxy Watch 6 series 33 persen lebih cerah (maksimum 2.000 nits) ketimbang Galaxy Watch 5. Ukuran keyboard menjadi 13 persen lebih besar, dan performa prosesor meningkat 18 persen.

Spesifikasi Galaxy Watch 6 Classic

Ilustrasi Galaxy Watch 6 Classic yang memiliki mahkota di atas layar dan dapat diputar-putarKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi Galaxy Watch 6 Classic yang memiliki mahkota di atas layar dan dapat diputar-putar
Seperti namanya, Galaxy Watch 6 Classic datang dengan desain yang klasik. Disebut begitu karena smartwatch ini kembali menggunakan bingkai/bezel crown di sekeliling layar yang bisa diputar-putar.

Tampilan arloji juga mirip seperti jam tangan pada umumnya, dengan angka yang diposisikan secara melingkar.

Adapun Galaxy Watch 6 Classic datang dengan dua model ukuran, yakni diameter 43 mm dan 47 mm. Model 43 mm memiliki ukuran layar 33,3 mm dan bobot 52 gram.

Sementara itu, model 47 mm dibekali layar 37,3 mm dengan berat 59 gram.

Samsung Galaxy Watch 6 Classic mengusung bahan stainless steel yangberbeda dengan versi reguler. Lebih dari itu, fitur model Classic masih sama dengan versi "reguler", misalnya baterai, teknologi fast charging, dan fitur ketahanan.

Harga Samsung Galaxy Watch 6 series

Samsung Galaxy Watch 6 varian 40 mm tersedia dalam warna Gold dan Graphite, sementara varian 44 mm menawarkan pilihan Graphite dan Silver.

Di sisi lain, Galaxy Watch 6 Classic 43 mm dan 47 mm hadir dengan warna Black serta Silver.

Berikut harga Samsung Galaxy Watch 6 versi reguler dan Classic di Indonesia:

  • Galaxy Watch 6 40mm : Rp 3.999.000
  • Galaxy Watch 6 44 mm: Rp 4.499.000
  • Galaxy Watch 6 Classic 43 mm: Rp 5.499.000
  • Galaxy Watch 6 Classic 47 mm: Rp 5.999.000

Bila tertarik, pengguna sudah bisa melakukan pemesanan awal (pre-order) di situs resmi Samsung. Sesi ini dibuka sejak Rabu (26/7/2023) hingga 17 Agustus nanti.

Untuk pertimbangan lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkum spesifikasi dan harga Galaxy Watch 6 series dalam sebuah tabel.

Tabel spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 6 series

Spesifikasi Galaxy Watch 6 40 mm Galaxy Watch 6 44 mm Galaxy Watch 6 Classic 43 mm Galaxy Watch 6 Classic 47 mm
Dimensi 40 mm (diameter), bobot 28,7 gram 44 mm (diameter), bobot 33,3 gram 43 mm (diameter), bobot 52 gram 47 mm (diameter), bobot 59 gram
Layar 33,3 mm 37,3 mm 33,3 mm 37,3 mm
Warna Gold, Graphite Graphite, Silver Black, Silver Black, Silver
Frame Armor Aluminum Armor Aluminum Stainless Steel Stainless Steel
Baterai 300 mAh 425 mAh 300 mAh 425 mAh
Water Resistance 5 ATM 5 ATM 5 ATM 5 ATM
Fitur pendukung Sensor suhu inframerah, pelacakan tidur, pelacakan siklus, pelacakan komposisi tubuh, IP68 Sensor suhu inframerah, pelacakan tidur, pelacakan siklus, pelacakan komposisi tubuh, IP68 Sensor suhu inframerah, pelacakan tidur, pelacakan siklus, pelacakan komposisi tubuh, IP68 Sensor suhu inframerah, pelacakan tidur, pelacakan siklus, pelacakan komposisi tubuh, IP68
Harga Rp 3.999.000 Rp 4.499.000 Rp 5.499.000 Rp 5.999.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com