Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Dihindari agar Battery Health iPhone Tak Turun Drastis, Perhatikan

Kompas.com - 29/07/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui hal yang harus dihindari agar kesehatan baterai iPhone tak turun drastis. Sebab, performa iPhone bakal ikut menurun apabila battery health atau kesehatan baterainya buruk.

Sebagai informasi, battery health iPhone adalah durasi baterai bisa dipakai atau kemampuan baterai menyimpan daya sebelum perlu dicas kembali. Bila battery health tinggi maka iPhone bisa dipakai dalam rentang waktu yang optimal.

Baca juga: 7 Cara Cas iPhone yang Benar biar Battery Health Tak Turun Drastis

Sebaliknya, jika battery health rendah maka waktu pemakaian iPhone bakal menurun. Bahkan, bila battery health sudah memburuk, iPhone bisa dengan cepat kehabisan daya dan mati secara tiba-tiba.

Battery health iPhone pada dasarnya bisa berkurang seiring lama pemakaian. Kandungan kimia bisa aus secara perlahan dan mengurangi kemampuan baterai menyimpan daya. Akan tetapi, terdapat pula beberapa hal yang membuat kesehatan baterai berkurang drastis.

Tak ada pengguna yang mungkin menginginkan battery health iPhone menurun drastis. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai hal yang harus dihindari agar kesehatan baterai iPhone tak turun drastis.

Lantas, apa saja yang membuat kesehatan baterai iPhone menurun, sehingga harus dihindari? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal hal yang harus dihindari agar kesehatan baterai iPhone tak turun drastis.

Hal yang harus dihindari agar kesehatan baterai iPhone tak turun drastis

Salah satu hal yang harus dihindari agar battery health iPhone tak turun drastis adalah paparan suhu panas berlebih. Dikutip dari laman resmi Apple, penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis yang utama adalah suhu panas.

Apple menjelaskan iPhone dirancang untuk dapat dapat bekerja dengan optimal pada rentang suhu 16 derajat hingga 22 derajat Celcius.Membiarkan iPhone terpapar suhu lebih dari 35 derajat celcius bakal mempercepat penurunan kesehatan baterainya.

Dengan peringatan ini, pengguna tidak disarankan untuk menggunakan iPhone dengan terpapar suhu panas yang berlebih. Suhu panas itu bisa datang dari berbagai sumber, misalnya dari faktor cuaca, kondisi lingkungan sekitar, atau aktivitas pengguna dalam memakai iPhone.

Jadi, sumber suhu panas sebaiknya dihindari agar battery health iPhone tak turun drastis. Beberapa contoh tindakan atau sumber yang bisa menghasilkan suhu panas berlebih pada iPhone, sehingga mempercepat penurunan kesehatan baterainya, adalah sebagai berikut:

1. Membiarkan iPhone terpapar langsung sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat temperatur iPhone naik menjadi sangat panas. Saat dibiarkan terus menerus terpapar sinar matahari langsung, kesehatan baterai iPhone bisa menurun drastis.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

2. Meninggalkan iPhone di mobil

Meninggalkan iPhone di mobil dalam kondisi berhenti, terutama saat siang hari, dapat membuat suhunya naik. Mobil dalam kondisi berhenti atau parkir bisa dibilang seperti oven karena dapat menampung panas dari sinar matahari.

3. Memakai case saat cas iPhone

Case atau pelindung iPhone dapat menumpuk suhu panas. Saat iPhone dicas, suhunya bakal naik. Bila pengguna memakai cas saat cas iPhone maka suhunya bakal menjadi lebih panas lagi, sehingga dapat mempercepat penurunan battery health.

4. Cas sambil bermain iPhone

Suhu panas ekstrem yang dapat mempercepat penurunan battery health iPhone, bisa bersumber dari tindakan cas sambil bermain iPhone. Suhu iPhone bakal meningkat ketika dioperasikan seperti untuk bermain game, bermain media sosial, atau edit foto.

Mengisi daya atau cas sambil bermain iPhone bisa membuat suhunya jadi lebih panas lagi. Tindakan cas sambil bermain iPhone sebaiknya dihindari agar iPhone tak terpapar suhu panas ekstrem, sehingga kesehatan baterainya tak turun drastis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com