Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Pakai iPhone X dan iPhone 8? Segera Jual, Ini Sebabnya

Kompas.com - 16/06/2023, 09:33 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna iPhone X dan iPhone 8 disarankan untuk menjual ponsel miliknya. Sebab, kedua model iPhone tersebut tidak bisa diperbarui ke sistem operasi (OS) iOS 17.

Dengan absennya dukungan iOS 17, iPhone X dan iPhone 8 tidak akan kebagian fitur baru macam mode StandBy dan lainnya. Keduanya juga tidak akan mendapat pembaruan keamanan terbaru, sehingga dinilai rentan dari ancaman keamanan siber.

Nah, faktor-faktor itu cenderung menurunkan nilai jual iPhone X dan iPhone 8.

Selain tak kebagian fitur baru, menurut situs perbandingan harga SellCell, harga kedua iPhone itu juga akan jauh lebih rendah, bila dijual jelang peluncuran iOS 17.

Sebagai gambaran, tahun lalu Apple mengumumkan iOS 16 dan menghentikan dukungan pembaruan untuk iPhone 6S serta iPhone 7.

Pada periode iOS 16 beta diumukan 6 Juni hingga dirilis publik pada 12 September 2022, nilai jual iPhone 6S dan iPhone 7 turun sekitar 42,8 persen.

Baca juga: Sudah iOS 17, iPhone Kok Belum Bisa Pasang Aplikasi di Luar App Store?

Lebih rinci, nilai jual rata-rata turun 7,8 persen per 13 Juni. Namun, sebagian naik lagi pada 20 Juni. Sejak saat itu, terus terjadi penurunan nilai jual sampai 30,3 persen jelang peluncuran publik iOS 16, pada 29 Agustus 2022.

Tak hanya itu, nilai jual iPhone 6S dan iPhone 7 juga turun lagi pada 12 September, sehingga total persentase penurunan nilai jualnya adalah 42,8 persen.

Berkaca dari fenomena itu, SellCell menilai bahwa hal yang sama mungkin bakal terjadi pada iPhone X dan iPhone 8.

Pengguna kedua model iPhone itu bisa saja mendapat nilai jual yang cukup tinggi, seperti terjadi pada iPhone 6S dan iPhone 7 pada 20 Juni 2022. Setelah itu, harganya kemungkinan turun lagi dengan cepat.

Oleh karena itu, SellCell menyarankan pengguna untuk menjual iPhone X dan iPhone 8 sebelum iOS 17 rilis, bila ingin mendapat harga jual terbaik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (16/6/2023). 

iPhone 8 dan iPhone X sendiri merupakan smartphone yang dirilis Apple tahun 2017. Artinya, kedua ponsel ini sudah berumur enam tahun lamanya.

Baca juga: Pengguna iOS 17 Bisa Bikin Stiker Animasi Sendiri Pakai Foto

Selama itu pula Apple memberikan dukungan pembaruan software, hingga akhirnya perusahaan menghentikan dukungan tersebut mulai tahun ini.

Tak hanya iPhone X dan iPhone 8, Apple juga menghentikan dukungan untuk model iPhone lainnya. Rinciannya sebagai berikut.

  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6S
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone SE 2016 (iPhone SE Generasi 1)
  • Model iPhone yang lebih lama lagi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com