Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengunci Layar iPhone Tanpa Tombol dengan Ketuk Logo Apple di Belakang

Kompas.com - 17/06/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iPhone dibekali berbagai fitur yang menarik, salah satunya bisa dijumpai pada tindakan mengunci layar. Sebagaimana cukup banyak diketahui pengguna iPhone, tindakan mengunci layar biasanya dilakukan dengan menekan tombol power.

Ketika layar iPhone nyala dan pengguna menekan tombol power maka iPhone bakal masuk ke mode Lock Screen alias terkunci. Sebagian besar pengguna mungkin telah memahami dengan baik mekanisme mengunci layar iPhone ini.

Baca juga: Menyalakan Flash di iPhone Bisa Pakai Mantra Harry Potter, Begini Caranya

Akan tetapi, selain cara tersebut, pengguna sejatinya juga bisa mengunci layar iPhone tanpa menekan tombol power. Bila tidak dengan tombol power, lalu bagaimana cara kunci layar iPhone bisa dilakukan?

Cara kunci layar iPhone tanpa tombol power bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur aksesibilitas atau tombol pintasan. Perlu diketahui, fitur aksesibilitas memungkinkan pengguna mengatur tombol pintasan (shortcut) untuk melakukan tindakan tertentu.

Dalam fitur aksesibilitas, pengguna dapat mengatur tindakan mengunci layar iPhone hanya dengan ketuk logo Apple . Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunci layar iPhone tanpa tekan tombol power.

Bila penasaran ingin mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara kunci layar iPhone tanpa tombol power dengan ketuk logo Apple di belakang.

Cara kunci layar iPhone tanpa tombol power

  • Buka menu pengaturan iPhone.
  • Gulir ke bawah dan buka menu “Aksesibilitas” atau “Acceessibility”.
  • Selanjutnya, pada menu “Aksesibilitas”, klik opsi “Sentuh”.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Ketuk Bagian Belakang” dan buka.
  • Pilih tindakan ketuk logo Apple sebanyak dua kali atau tiga kali.
  • Terakhir, pilih tindakan mengunci layar iPhone sebagai hasil dari ketuk logo Apple.
  • Kini, pengguna bisa mulai mengunci layar iPhone tanpa tombol power.

Ilustrasi cara kunci layar iPhone tanpa tombol dengan ketuk logo Apple.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kunci layar iPhone tanpa tombol dengan ketuk logo Apple.

Pada posisi layar iPhone nyala, pengguna bisa ketuk logo Apple di belakang sebanyak beberapa kali sesuai pengaturan. Setelah logo Apple diketuk, layar iPhone otomatis bakal mati dan terkunci.

Cukup mudah bukan cara kunci layar iPhone tanpa tombol power dengan ketuk logo Apple di belakang? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.5.

Beda versi sistem operasi yang digunakan mungkin bakal sedikit berbeda pula caranya. Kemudian, untuk diketahui pula, fitur aksesibilitas ketuk bagian belakang pada dasarnya tidak hanya bisa menghasilkan tindakan mengunci layar iPhone.

Pengguna bisa mengatur fitur aksesibilitas ketuk bagian belakang untuk menghasilkan beberapa tindakan lain, seperti screenshot, menyalakan senter, naik-turun volume, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Download dan Instal iOS 17 Developer Beta di iPhone, Tak Perlu Langganan

Sementara itu, perlu diperhatikan juga, fitur aksesibilitas ketuk logo Apple untuk menghasilkan tindakan tertentu hanya bisa diakses pada model iPhone 8 dan yang lebih baru dengan minimal menggunakan versi sistem operasi iOS 14.

Demikianlah penjelasan seputar cara kunci layar iPhone tanpa tombol power dengan ketuk logo Apple di belakang, selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com