Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ungkap Alasan Kamera Z Fold 5 Masih Sama dengan Z Fold 4

Kompas.com - 31/07/2023, 11:32 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Dalam ajang Galaxy Unpacked 2023 yang digelar pada Rabu (26/7/2023) pekan lalu, Samsung resmi meluncurkan dua ponsel lipat terbarunya. Salah satunya adalah Galaxy Z Fold 5.

Samsung Z Fold 5 hadir dengan sejumlah pembaruan dan peningkatan. Kendati demikian, ponsel lipat ini masih membawa konfigurasi kamera belakang yang sama dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold 4.

Samsung Galaxy Z Fold 5 dilengkapi tiga kamera belakang. Masing-masing kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP dan sudah mendukung mode Nightography, kamera telefoto 10 MP (f/2.4) dengan zoom optik 3x dan detail 3x, dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, alasan Samsung masih menyematkan kamera yang sama pada Galaxy Z Fold 5 adalah karena pertimbangan desain.

Menurut Verry, penggunaan konfigurasi kamera yang sama karena perusahaan ingin fokus pada tampilan desain yang lebih ringkas.

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia di peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia di peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023).

“Karena saat ini idealnya, jika ingin mendapat berat, compact, dan dimensi yang ideal adalah seperti itu. Itu yang ingin kami perbaiki,” jelas Verry kepada KompasTekno.

“Untuk kamera pun kami angkat Nightography (ke foldable pohone). Jadi, fitur-fitur yang ada di Galaxy S23 Ultra ke Galaxy Z Fold 5,” tambahnya

Verry juga menambahkan, resolusi kamera Samsung Z Fold 5 tidak ditingkatkan secara signifikan karena Samsung lebih ingin meningkatkan produktivitas perangkat dan menawarkan pengalaman yang lebih mulus atau seamless.

“Kenapa gak ingin 108 MP? Karena kami ingin membawa producitivity dan juga seamless, tapi tetap tidak berat. Jadi, kami optimalkan,” tambah Verry.

Seperti yang diketahui, salah satu hal baru yang dibawa Samsung Galaxy Z Fold 5 terdapat pada bagian konstruksi engselnya. Perombakan desain tersebut membuat lipatan ponsel menjadi tampak lebih rata tanpa celah.

Konstruksi engsel yang baru juga secara tidak langsung membuat bodi perangkat menjadi lebih ringkas dan dan ringan. Di atas kertas, Samsung Z Fold 5 memiliki bobot 253 gram, lebih ringan 10 gram dari Samsung Z Fold 4.

Baca juga: Punya Engsel Baru, Samsung Galaxy Z Fold 5 Lebih Rapat Dibanding Z Fold 4

Tampilan layar depan dari Galaxy Z Fold 5KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan layar depan dari Galaxy Z Fold 5

Ketebalannya juga semakin tipis dari 15,8 mm menjadi 13,4 dalam kondisi terlipat. Peningkatan desain yang diusung ini pun sejalan dengan fokus Samsung yang ingin memberi pesan kepada pengguna melalui perpaduan fungsionalitas yang praktis dan orisinal.

Samsung Galaxy Z Fold 5 sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 25 juta untuk varian 12 GB/256 GB. Warna yang dihadirkan adalah Icy Blue, Phantom Black, dan Cream. Tambahan warna eksklusif untuk pemesanan online adalah Blue dan Grey.

Keran pemesanan sudah dibuka per 26 Juli hingga 17 Agustus 2023. Proses transaksi bisa dilakukan langsung di laman Samsung Indonesia (samsung.com/id). Bila tertarik menilik spesifikasi perangkat, bisa simak di artikel “Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com