Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Watch 6 Meluncur, Ini Peningkatan dari Galaxy Watch 5

Kompas.com - 01/08/2023, 19:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Watch 6 merupakan salah satu model arloji pintar (smartwatch) dari keluarga Galaxy Watch 6 Series yang diluncurkan Samsung di "Galaxy Unpacked" pada Rabu (26/7/2023) lalu.

Apabila dibandingkan pendahulunya, Galaxy Watch 6 sekilas memiliki desain yang sangat mirip dengan Galaxy Watch 5.

Sebab, smartwatch terbaru Samsung itu sama-sama dibekali dengan layar berbentuk bulat (rounded) dengan bezel material aluminum di sekelilingnya.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch Classic Dirilis Lagi, Apa Istimewanya?

Namun apabila dikulik lebih lanjut, ada sejumlah peningkatan yang dihadirkan Samsung di Galaxy Watch 6, yang tentunya membuat smartwatch ini lebih beda dan mumpuni dari generasi sebelumnya. Apa saja?

1. Bezel lebih tipis

Secara desain, bezel Galaxy Watch 6 diklaim lebih tipis dibanding Galaxy Watch 5. Dengan bezel yang lebih kecil ini, Samsung bisa meningkatkan ukuran layar Galaxy Watch 6, tanpa harus meningkatkan diameter smartwatch tersebut.

Berkat bezel yang lebih tipis ini, area yang bisa dioperasikan pengguna melalui layar berpanel OLED di smartwatch terbaru Samsung tersebut meningkat sekitar 20 persen. 

Di Galaxy Watch 6 ukuran 40mm, layarnya berukuran 1,3 inci (432x432 piksel), meningkat dari 1,2 inci (396x396 piksel) di Galaxy Watch 5 dengan ukuran yang sama.

Sedangkan di Galaxy Watch 6 ukuran 44mm, layarnya berukuran 1,5 inci (480x480 piksel), sedikit lebih besar dibanding Galaxy Watch 5 ukuran yang sama dengan layar 1,4 inci (450x450 piksel). 

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 6 Series Resmi, Bawa Fitur Perbaiki Kualitas Tidur

Selain lebih besar, layar Galaxy Watch 6 juga lebih terang dengan 2.000 nits, versus Galaxy Watch 5 yang "hanya" memiliki tingkat kecerahan (brightness) sekitar 1.000 nits.

2. Chipset lebih kencang

Galaxy Watch 6 series model 40 mm (kiri) dan 44 mm (kanan)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Galaxy Watch 6 series model 40 mm (kiri) dan 44 mm (kanan)

Di luar desain, Galaxy Watch 6 turut dibekali dengan hardware yang lebih mumpuni dari Galaxy Watch 5. 

Pada sektor chipset, Galaxy Watch 6 ditenagai dengan Exynos W930 yang memiliki kecepatan hingga 1,4 GHz.

Chipset ini lebih kencang dibanding Exynos W920 yang membekali Galaxy Watch 5, dengan kecepatan yang mentok di angka 1,18 GHz. 

Lalu, kapasitas RAM Galaxy Watch 6 juga kini ditingkatkan menjadi 2 GB. Di Galaxy Watch 5, kapasitas RAM hanya 1,5 GB. 

Untuk aspek konektivitas, Galaxy Watch 6 juga mendukung fitur Bluetooth 5.3, lebih baru dari Bluetooth 5.2 yang ada di Galaxy Watch 6.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com