Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaxy Watch 6 Meluncur, Ini Peningkatan dari Galaxy Watch 5

KOMPAS.com - Galaxy Watch 6 merupakan salah satu model arloji pintar (smartwatch) dari keluarga Galaxy Watch 6 Series yang diluncurkan Samsung di "Galaxy Unpacked" pada Rabu (26/7/2023) lalu.

Apabila dibandingkan pendahulunya, Galaxy Watch 6 sekilas memiliki desain yang sangat mirip dengan Galaxy Watch 5.

Sebab, smartwatch terbaru Samsung itu sama-sama dibekali dengan layar berbentuk bulat (rounded) dengan bezel material aluminum di sekelilingnya.

Namun apabila dikulik lebih lanjut, ada sejumlah peningkatan yang dihadirkan Samsung di Galaxy Watch 6, yang tentunya membuat smartwatch ini lebih beda dan mumpuni dari generasi sebelumnya. Apa saja?

1. Bezel lebih tipis

Secara desain, bezel Galaxy Watch 6 diklaim lebih tipis dibanding Galaxy Watch 5. Dengan bezel yang lebih kecil ini, Samsung bisa meningkatkan ukuran layar Galaxy Watch 6, tanpa harus meningkatkan diameter smartwatch tersebut.

Berkat bezel yang lebih tipis ini, area yang bisa dioperasikan pengguna melalui layar berpanel OLED di smartwatch terbaru Samsung tersebut meningkat sekitar 20 persen. 

Di Galaxy Watch 6 ukuran 40mm, layarnya berukuran 1,3 inci (432x432 piksel), meningkat dari 1,2 inci (396x396 piksel) di Galaxy Watch 5 dengan ukuran yang sama.

Sedangkan di Galaxy Watch 6 ukuran 44mm, layarnya berukuran 1,5 inci (480x480 piksel), sedikit lebih besar dibanding Galaxy Watch 5 ukuran yang sama dengan layar 1,4 inci (450x450 piksel). 

Selain lebih besar, layar Galaxy Watch 6 juga lebih terang dengan 2.000 nits, versus Galaxy Watch 5 yang "hanya" memiliki tingkat kecerahan (brightness) sekitar 1.000 nits.

Di luar desain, Galaxy Watch 6 turut dibekali dengan hardware yang lebih mumpuni dari Galaxy Watch 5. 

Pada sektor chipset, Galaxy Watch 6 ditenagai dengan Exynos W930 yang memiliki kecepatan hingga 1,4 GHz.

Chipset ini lebih kencang dibanding Exynos W920 yang membekali Galaxy Watch 5, dengan kecepatan yang mentok di angka 1,18 GHz. 

Lalu, kapasitas RAM Galaxy Watch 6 juga kini ditingkatkan menjadi 2 GB. Di Galaxy Watch 5, kapasitas RAM hanya 1,5 GB. 

Untuk aspek konektivitas, Galaxy Watch 6 juga mendukung fitur Bluetooth 5.3, lebih baru dari Bluetooth 5.2 yang ada di Galaxy Watch 6.

3. Baterai lebih besar

Masih soal hardware, Galaxy Watch 6 kini dibekali dengan baterai yang lebih besar. Untuk ukuran 40mm, baterainya kini berkapasitas 300 mAh, sedangkan untuk ukuran 44mm kapasitas baterainya 425 mAh. 

Di Galaxy Watch 5 ukuran 40mm, kapasitas baterai adalah 284 mAh, sedangkan untuk varian 44mm memiliki baterai dengan kapasitas 410 mAh. 

Dengan baterai yang lebih besar ini, Samsung mengeklaim Galaxy Watch 6 kuat menemani pengguna hingga kurang lebih dua hari (40 jam).

Ketika beberapa fiturnya aktif, seperti Always-On Display, daya tahan bterai tentunya akan dipangkas menjadi sekitar 30 jam.

4. Fitur pemantau tidur lebih mumpuni

Galaxy Watch 5 sudah dibekali dengan fitur pemantau tidur, namun Samsung memoles fitur tersebut supaya lebih canggih di Galaxy Watch 6.

Kini, Galaxy Watch 6 hadir dengan fitur Sleep Score Analysys yang bisa menilai kualitas tidur berdasarkan kebiasaan pengguna, serta kondisi mental dan fisik tubuh mereka. 

Kemudian, Samsung juga menyematkan fitur Sleep Message untuk memberikan pengguna beragam saran supaya mereka bisa meningkatkan kualitas tidur mereka. 

Selain itu, Samsung juga meningkatkan fitur Sleep Coaching di Galaxy Watch 6. Kini, fitur tersebut bisa memandu pengguna supaya mereka bisa meningkatkan kualitas hidup mereka, melalui kebiasaan tidur yang direkomendasikan, secara bertahap.

Fitur Sleep Coaching juga bisa merekomendasikan suasana yang baik untuk tidur pengguna, sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas tidur ke tingkat yang lebih maksimal. 

Harga Samsung Galaxy Watch 6 Series

Samsung Galaxy Watch 6 varian 40 mm hadir dengan warna Gold dan Graphite, sementara Galaxy Watch 44 mm menawarkan pilihan Graphite dan Silver.

Samsung turut menghadirkan Galaxy Watch 6 Classic 43 mm dan 47 mm yang memiliki warna Black dan Silver.

Harga Samsung Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Galaxy Watch 6 40mm : Rp 4 juta
  • Galaxy Watch 6 44 mm: Rp 4,5 juta
  • Galaxy Watch 6 Classic 43 mm: Rp 5,5 juta
  • Galaxy Watch 6 Classic 47 mm: RP 6 juta

Galaxy Watch 6 Series sudah bisa dipesan di situs Samsung.com hingga 17 Agustus 2023.

Pemesanan dalam periode ini akan mendapat sejumlah benefit dan potongan harga, seperti gratis tali strap seharga Rp 600.000, pembelian bundling perangkat Samsung yang lain dapat bonus hingga Rp 750.000, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/01/19150047/galaxy-watch-6-meluncur-ini-peningkatan-dari-galaxy-watch-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke