Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Xbox Bisa Live Streaming Game lewat Discord

Kompas.com - 03/08/2023, 15:29 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan, Discord mulai menggelontorkan fitur "Stream to Discord" untuk pengguna Xbox. Dengan fitur ini, gamer bisa melakukan live streaming langsung dari konsol Xbox Series X/S atau Xbox One di Discord.

Fitur Stream to Discord baru digulirkan untuk sebagian pengguna Xbox Insider, yakni program yang memberikan pengguna akses awal ke game dan fitur baru. Sementara itu, pengguna lainnya baru bisa menjajal fitur ini dalam waktu yang dekat.

Adapun informasi kehadiran Stream to Discord diumumkan langsung lewat blog resmi perusahaan tersebut.

"Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa fitur Stream to Discord akan tersedia di Xbox dalam waktu yang dekat," tulis Discord dalam situs resminya.

Baca juga: Username Discord Dibikin Lebih Sederhana Mirip Twitter

"Ini adalah salah satu fitur Discord yang paling banyak diminta, yakni fitur yang memungkinkan pengguna Xbox untuk melakukan live streaming dari konsol Xbox Series X/S atau Xbox One mereka langsung ke Discord," imbuhnya.

Sebagai informasi, fitur ini sebelumnya tersedia secara eksklusif untuk pengguna Discord di platform PC dan mobile (iOS/Android). Gamer bisa menayangkan video mereka yang tengah bermain game di server tertentu.

Dengan demikian, ini menjadi pertama kalinya fitur live streaming Discord hadir untuk konsol, karena PlayStation belum memiliki fitur tersebut.

Cara live streaming dari Xbox ke Discord

Untuk menggunakan fitur Stream to Discord, pengguna pertama-tama harus menghubungkan profil Xbox ke aplikasi Discord.

Caranya, pengguna cukup menuju menu "User Settings" kemudian "Connections" di aplikasi Discord untuk desktop atau mobile.

Cara menghubungkan akun Discord dengan XboxDiscord Cara menghubungkan akun Discord dengan Xbox
Selanjutnya, pengguna mesti mengeklik logo Xbox dan melakukan login dengan akun Microsoft. Proses menghubungkan akun pun selesai.

Nah untuk mulai melakukan streaming, tekan tombol "Xbox" pada controller Xbox Series X/S atau Xbox One, lalu buka tab "Parties & Chats".

Setelah itu, pilih "Discord", cari server atau ruang chat untuk melakukan streaming, kemudian bergabung dengan "Voice channel" server itu.

Langkah terakhir, pengguna tinggal memilih menu "Stream your game" untuk melakukan live streaming.

Tidak hanya di server publik saja, fitur streaming game juga bisa digunakan dalam Direct Message (DM) atau Group DM.

Hal ini bisa dilakukan dengan bergabung dengan panggilan DM lewat Discord desktop atau mobile, kemudian pilih menu "Transfer to Xbox" untuk memindahkan percakapan di DM ke Xbox Series X/S atau Xbox One.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com