Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Ace 2 Pro Bakal Pakai RAM 24 GB

Kompas.com - 03/08/2023, 16:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - OnePlus tengah menyiapkan smartphone terbarunya, OnePlus Ace 2 Pro. Versi peningkatan dari OnePlus Ace 2 ini dikonfirmasi akan meluncur pada bulan Agustus ini di China.

OnePlus belum mengumbar spesifikasi lengkap untuk gawai anyarnya ini, kecuali penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dan sistem pendingin yang dinamakan Tiangong.

Meski belum diumbar, sudah ada banyak bocoran spesifikasi yang tersebar di dunia maya, misalnya kombinasi RAM dan media penyimpanan (storage).

Adapun informasi ini terendus lewat situs benchmark AnTuTu. Menurut situs tersebut, ponsel OnePlus Ace 2 Pro dengan kode nama "PJA110" konon bakal memiliki varian RAM dan storage 24 GB/1 TB.

Baca juga: OnePlus Nord 3 Meluncur dengan Chipset Dimensity 9000

RAM dan storage ini menggunakan standar yang paling cepat di pasaran saat ini, yakni RAM LPDDR5X dan storage UFS 4.0.

Bila akurat, OnePlus Ace 2 Pro akan menjadi ponsel kedua dengan RAM 24 GB setelah Nubia Red Magic 8S Pro, yang meluncur pada Juli lalu.

Smartphone OnePlus Ace 2 Pro juga kabarnya akan menjalankan sistem operasi (OS) Android 13. Mengingat gawai ini bakal dirilis lebih dulu di China, ada kemungkinan sistem operasi ini dilapisi dengan antarmuka (UI) ColorOS 13.

Lebih dari itu, situs AnTuTu hanya menunjukkan skor benchmark dari chipset, memori, dan layar smartphone terbaru OnePlus. Sebagai catatan, makin tinggi skor yang diperoleh, makin tinggi pula performa sektor yang diuji coba.

Bocoran hasil benchmark OnePlus Ace 2 Pro di AnTuTuGSMArena Bocoran hasil benchmark OnePlus Ace 2 Pro di AnTuTu
Skor yang diperoleh kemudian bisa dibandingkan dengan perangkat lainnya yang di-benchmark dengan AnTuTu.

Baca juga: ZTE Nubia Z50s Pro Meluncur dengan Lensa Kamera 35 mm

Nah untuk chipset, Snapdragon 8 Gen 2 menghasilkan skor 1.733.703 poin. Dilansir KompasTekno dari GSMArena, Kamis (3/8/2023), skor chipset OnePlus Ace 2 Pro menjadi yang tertinggi.

Chipset delapan inti (octa-core) dengan kecepatan puncak 3,2 GHz ini mendapat skor 456.555, sementara unit pengolah grafis (GPU) Adreno 740 meraih 613.916.

Selanjutnya, sektor memori OnePlus Ace 2 Pro mengumpulkan skor 363.631. Dan terakhir, layar smartphone mendapatkan skor 299.601.

Bocoran spesifikasi OnePlus Ace 2 Pro

Menurut bocoran sebelumnya, OnePlus Ace 2 Pro konon akan mengusung panel OLED melengkung (curved) 6,74 inci dengan resolusi 1.240 x 2.772 piksel. Di bawah layar, terdapat pemindai sidik jari (fingerprint) untuk keamanan pengguna.

Smartphone tersebut akan memiliki varian dengan RAM 16 GB.

Untuk daya, gawai ini disokong baterai berkapasitas 5.500 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) hingga 150 Watt. Teknologi fast charging ini mengalami peningkatan dibanding Ace 2 versi "reguler", yang memiliki output 100 Watt.

Sedangkan untuk fotografi, Ace 2 Pro rumornya dibekali setup tiga kamera yang diletakkan di punggungnya. Setup kamera ini mencakup kamera utama 50 MP (Sony IMX890), lensa ultra wide 8 MP, dan lensa makro 2 MP.

Selain di China, smartphone ini juga dikabarkan akan meluncur juga di pasar global. Hanya saja, OnePlus Ace 2 Pro akan dinamai ulang alias di-rebrand dengan nama OnePlus 12R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com