Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal OnePlus Batal Masuk Pasar Smartphone Indonesia Makin Kuat

Kompas.com - 27/06/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada April lalu, produsen ponsel OnePlus berniat untuk kembali (comeback) ke pasar Indonesia setelah "hiatus" selama kurang lebih tujuh tahun sejak 2016 lalu. 

Meski demikian, memasuki akhir Juni atau sekitar dua bulan lebih setelah rencana tersebut diumbar, mereka belum mengumumkan ponsel Android apa yang akan mereka luncurkan di Tanah Air.

Justru, sejumlah tanda-tanda yang muncul menguatkan rumor yang mengindikasikan bahwa OnePlus batal jualan smartphone lagi di Indonesia.

Salah satu tanda ini bisa dilihat di akun resmi Instagram OnePlus Indonesia dengan handle @oneplusindonesia_official.  

Tanda-tanda OnePlus Indonesia batal jualan di Indonesia melalui Instagram.KOMPAS.com/Bill Clinten Tanda-tanda OnePlus Indonesia batal jualan di Indonesia melalui Instagram.

Pada akun tersebut, terutama di bagian bio akun profil, sebelumnya tertulis kalimat harapan yang berbunyi "OnePlus akan datang ke Indonesia sesaat lagi. Pengguna yang tertarik bisa mendaftarkan diri merkea di tautan (link) yang tersedia di bawah ini" (gambar atas). 

Baca juga: Dirumorkan Batal Kembali ke Indonesia, OnePlus: Ada Penundaan

Namun baru-baru ini, bio tersebut dihapus dan OnePlus Indonesia hanya menyertakan tautan atau link ke situs web dan beberapa media sosial resmi OnePlus Indonesia saja.

Selain akun Instagram, lencana (badge) toko resmi OnePlus Indonesia di beberapa marketplace juga tampak sudah dihilangkan.

Di Tokopedia, misalnya, toko "OnePlus Official" kini tak lagi memiliki badge toko resmi berwarna ungu. Badge tersebut biasanya menandakan bahwa toko tersebut adalah toko resmi milik vendor atau pemilik produk. 

Tanda-tanda OnePlus Indonesia batal jualan di Indonesia melalui Tokopedia.KOMPAS.com/Bill Clinten Tanda-tanda OnePlus Indonesia batal jualan di Indonesia melalui Tokopedia.

Padahal sebelumnya, badge tersebut tampil di sebelah kiri nama toko "OnePlus Official" tadi, sebagaimana bisa dilihat pada gambar screenshot (kiri) di atas.

Biasanya, lencana toko resmi di beberapa marketplace di Indonesia menandakan bahwa vendor atau produsen sebuah produk memang berencana untuk menjual produk mereka di Tanah Air. 

Hilangnya lencana toko resmi OnePlus Indonesia di marketplace ini seolah memperkuat indikasi bahwa perusahaan dengan motto "Never Settle" itu batal memasarkan produknya secara resmi di Indonesia.

Penggemar OnePlus bingung dan minta kejelasan

Ilustrasi penggemar OnePlus di Indonesia di situs web komunitas yang meminta kejelasan pihak OnePlus Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi penggemar OnePlus di Indonesia di situs web komunitas yang meminta kejelasan pihak OnePlus Indonesia.

Belum bisa dipastikan apakah OnePlus memang benar-benar batal jualan HP lagi di Indonesia atau tidak. Sebab, mereka hingga saat ini masih bungkam soal kepastian melakukan hal tersebut. 

Ketidakjelasan OnePlus di Indonesia ini tentunya membuat sejumlah penggemar OnePlus di Tanah Air bingung.

Seorang pengguna bernama "FiveSixSEVEN", misalnya, mengutarakan kebingungannya dalam sebuah utas (thread) di situs komunitas resmi OnePlus. 

Baca juga: Dua Smartphone OnePlus Muncul di Halaman TKDN Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com